Jenis Daging Sapi yang Mengkonsumsi Rumput Atau Biji-Bijian, Apa Bedanya?

Sama halnya seperti manusia yang vegetarian atau bukan, tentu memiliki kesehatan tubuh yang berbeda-beda. Pun demikian dengan sapi yang diberi makan dapat berdampak besar pada komposisi nutrisi atau jenis daging sapi yang dihasilkan.

Beberapa sapi saat ini diberi makan bji-bijian dan rerumputan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi dalam daging sapi dapat bervariasi, tergantung pada apa yang dimakan sapi. Nah, berikut penjelasannya. 

Perbedaan antara sapi yang diberi rumput dan gandum

Di Amerika Serikat, kebanyakan sapi mulai menjalani kehidupan yang biasa. Di mana anak sapi akan minum susu dari induknya dan kemudian dibiarkan bebas berkeliaran dan memakan rumput atau tanaman lain yang dapat mereka temukan. Hal ini pun sama dengan sapi-sapi yang ada di Indonesia. 

Namun, beberapa peternakan akan memelihara sapi mereka secara konvensional yang dipindahkan ke kandang yang besar dan diberi makan. Nah, untuk membuat mereka cepat gemuk maka sapi diberi makan berbahan dasar biji-bijian yang biasanya dibuat dari kedelai atau jagung. Biasanya, makanan mereka juga dilengkapi dengan sedikit rumput kering. 

Perbedaan komposisi asam lemak

Sama seperti pepatah, kamu adalah apa yang kamu makan, hal tersebut juga berlaku untuk sapi juga. Apa yang dimakan sapi dapat secara signifikan mempegaruhi komposisi nutrisi daging sapinya. Ini khususnya terbukti dalam hal komposisi asam lemak. 

Jenis daging sapi yang diberi makan rumput biasanya mengandung lebih sedikit lemak daripada daging sapi ang diberi biji-bijian, yang berarti bahwa gram per gram, daging saping yang diberi rumput mengandung lebih sedikit kalori. 

Namun, komposisi asam lemaknya pun berbeda:

  • Lemak tak jenuh tunggal. Daging sapi yang diberi rumput mengandung jauh lebih sedikit lemak tak jenuh tunggal daripada daging sapi yang diberi makan biji-bijian. 
  • Lemak tak jenuh ganda omega-6. Daging sapi yang diberi makan rumput dan biji-bijian mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah yang sangat mirip.
  • Omega-3. Di sinilah makan rumput membuat perbedaan besar, mengandung hingga lima kali lebih banyak omega-3. 
  • Asam linoleate terkonjugasi (CLA). Daging sapi yang diberi makan rumput mengandung sekitar dua kali lebih banyak CLA dari daging sapi yang diberi makan biji-bijian. Asam lemak ini dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. 

Jenis daging sapi yang diberi makanan rumput lebih bergizi?

Daging sapi yang diberi makan biji-bijian dan rumput merupakan sumber nutrisi yang sangat terkonsentrasi. Daging sapi kaya akan vitamin B12, B3, dan B6. Ini juga kaya akan zat besi, selenium, dan seng yang sangat tersedia secara hayati. Faktanya, daging mengandung hampir setiap nutrisi yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup. 

Manfaat mangonsumsi daging sapi

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan saat mengonsumsi daging sapi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Daging sapi secara alami kaya akan protein, yang membantu pertumbuhan otot dan mendukung massa otot. 
  • Daging sapi menyediakan zat besi dan empat vitamin esensial niasin, riboflavin, vitamin B6 dan B12, yang membantu mengurangi kelelahan. 
  • Daging sapi menyediakan delapan vitamin dan mineral penting yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan.
  • Daging sapi adalah sumber seng yang kaya, yang berfungsi untuk rambut, kuku, dan kulit normal.
  • Seng juga dapat mendukung fungsi kognitif normal, kesuburan dan reprouksi dan juga kontribusi pada pemeliharaan kadar testoteron normal dalam darah.
  • Daging sapi merupakan sumber zat besi yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja. 

Jadi, kesimpulannya terlepas dari kontroversi di bidang nutrisi, kebanyakan orang setuju bahwa yang terpenting adalah sapi makan makanan yang sebenarnya. Bagaimana pun rumput dan biji-bijian adalah makanan yang lebih alami untuk sapi daripada jagung atau kedelai. Pada akhirnya, pilihan akan tergantung pada Anda, jenis daging sapi apa yang akan Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *