Ini yang Akan Dialami Saat Hamil 19 Minggu

Saat Anda berada di tengah masa kehamilan, Anda perlu memperhatikan kondisi diri dan janin Anda setiap minggunya. Saat hamil 19 minggu, Anda pasti akan merasakan perubahan tertentu pada tubuh Anda.

Minggu ke-19 kehamilan adalah bagian dari trimester kedua. Pada usia ini, kehamilan Anda cenderung lebih aman dan stabil. Anda juga mungkin sudah tidak merasakan gejala-gejala yang memicu ketidaknyamanan seperti di minggu-minggu sebelumnya.

Kondisi bayi saat hamil 19 minggu

Memasuk usia kehamilan di minggu ke-19, bayi Anda sudah mengalami perkembangan pesat dalam hal kemampuan sensorik. Saraf otak bayi sudah dapat berfungsi untuk menggunakan indera penciuman, pengecap, pendengaran, penglihatan, dan sentuhan.

Biasanya, bayi di usia kehamilan yang seperti ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 22,8 cm. Sementara, berat bayi akan mengalami peningkatan sampai dengan 272 gram. Secara keseluruhan, bentuk lengan dan kaki bayi sudah cukup proporsional saat Anda hamil 19 minggu.

Selain itu, pada masa ini, akan terbentuk lapisan pelindung yang menutupi kulit bayi. Lapisan ini disebut dengan vernix caseosa, lapisan berwarna putih yang tebal dan bertekstur menyerupai lilin.

Lapisan vernix caseosa memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Lapisan ini berfungsi untuk:

  • Melindungi kulit bayi dari cairan ketuban
  • Membantu bayi mengatur suhu tubuh
  • Mencegah infeksi
  • Melembabkan kulit bayi, membuat bayi lebih mudah melewati jalan lahir ketika akan dilahirkan nantinya
  • Meningkatkan proses penyembuhan luka

Pada usia kehamilan di minggu ke-19, bayi umumnya akan terjaga selama kurang lebih enam jam dalam sehari, lalu beristirahat atau tidur selama 18 jam. Pola ini serupa dengan pola bayi yang baru dilahirkan.

Perubahan yang dialami tubuh saat hamil 19 minggu

Ketika hamil, Anda mungkin menyadari adanya perubahan signifikan yang dialami oleh tubuh setiap minggunya. Di minggu ke-19 pun, Anda juga akan merasakan adanya perbedaan kondisi tubuh bila dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya.

Salah satu perbadaan yang dapat Anda rasakan adalah ukuran perut atau berat yang semakin bertambah. Pada minggu ini, perut Anda tergolong besar dan siapa saja sudah bisa menyadari bahwa Anda sedang mengandung.

Karena adanya perubahan pada ukuran perut, masa ini akan menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli pakaian baru khusus ibu hamil. Selain itu, Anda mungkin juga bisa mempersiapkan alas kaki khusus ibu hamil, karena wanita hamil 19 minggu umumnya mengalami pembengkakkan kaki.

Meski kaki tampak lebih besar, Anda mungkin belum benar-benar merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman pada area tersebut. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, kaki Anda akan terasa semakin sulit untuk digerakkan apabila tidak dibiasakan untuk menggunakan alas kaki yang mendukung.

Banyak wanita yang merasakan tendangan bayi untuk pertama kalinya di minggu ke-19 kehamilan. Anda dan pasangan mungkin bisa mengantisipasi gerakan bayi bila sudah memasuk usia kehamilan 19 minggu.

Akan tetapi, jika bayi masih belum melakukan gerakan signifikan dan Anda tidak bisa merasakan tendangannya, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini cukup wajar karena usia kehamilan yang juga belum terlalu lama. Anda bisa menunggu hingga beberapa minggu berikutnya sampai kondisi bayi dalam kandungan sudah semakin matang.

Setiap minggunya, sebaiknya perhatikan terus kondisi diri Anda dan juga bayi dalam kandungan. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kesehatan saat hamil 19 minggu, Anda bisa melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *