Ini Dia Daftar Gejala yang Muncul Akibat Digigit Laba-Laba

Laba-laba merupakan salah satu hewan yang banyak ditakuti karena bentuknya yang menyeramkan. Namun tahukah Anda bahwa gigitan laba-laba umumnya tidak berbahaya? Di dunia ini ada banyak sekali jenis laba-laba, dan kebanyakan jenis laba-laba tersebut tidak berbahaya. Namun tetap saja ada beberapa jenis laba-laba berbahaya yang memiliki racun dan dapat menggigit Anda. Untuk itu Anda harus tetap waspada dan tau bagaimana cara mengatasinya.

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan akibat digigit laba-laba yang perlu Anda waspadai, seperti:

1. Nyeri dan bengkak pada area gigitan

Salah satu akibat digigit laba-laba beracun yang dapat Anda rasakan adalah rasa nyeri pada luka yang terserang gigitan laba-laba ini. Biasanya nyeri ini dapat menyebar hingga ke dada perut dan punggung. Anda dapat mengatasi nyeri ini dengan minum antibiotik atau obat anti nyeri lainnya. Sementara untuk bengkak pada luka dapat Anda atasi dengan mengompresnya dengan es atau salep.

2. Kram

Akibat lain dari digigit laba-laba adalah munculnya kram pada perut dan otot. Kram yang timbul pada perut dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat parah, sehingga sering disalah artikan sebagai infeksi usus, usus buntu pecah atau radang pada usus buntu.  Sementara kram yang terjadi pada otot dapat menyebabkan otot kaku dan kontraksi. Jika gejala kram semakin parah, Anda dapat langsung memeriksakan diri ke dokter.

3. Gangguan Pernapasan

Gigitan laba-laba beracun juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti sesak nafas dan kesulitan dalam bernafas. Jika ini terjadi, segera cari pertolongan pertama dengan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

4. Demam

Akibat digigit laba-laba berikutnya adalah demam. Biasanya gejala ini akan timbul pada 30 menit hingga 2 jam setelah Anda mengalami gigitan dan akan semakin parah di rentang 8 jam setelah Anda mengalami gigitan laba-laba. Anda dapat meminum paracetamol atau obat antibiotik lainnya untuk meredakan demam dan nyeri akibat gigitan laba-laba beracun ini.

5. Luka membusuk dan bernanah

Pada bagian yang terkena gigitan biasanya akan mengalami nyeri, gatal, ruam merah dan juga pembengkakan. Luka ini akan berubah warna dari ruam merah menjadi biru tua atau ungu. Bekas gigitan inilah yang pada akhirnya menjadi bisul yang mengandung nanah. Bisul ini biasanya akan berhenti bertumbuh setelah 10 hari pasca gigitan. Namun sayangnya untuk benar-benar pulih dari gigitan laba-laba membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

6. Mual dan Muntah

Gejala alergi dan infeksi yang khas dari digigit laba-laba adalah timbulnya rasa mual dan muntah. Hal ini tentu akan membuat penderitanya mengalami lemas dan hilangnya energi, bahkan di tingkat infeksi yang parah gigitan laba-laba beracun dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dan berbagai efek seperti efek keracunan.

Itulah beberapa akibat digigit laba-laba yang harus Anda waspadai. Apabila Anda digigit oleh laba-laba segera lakukan pertolongan pertama, namun apabila gejala yang Anda alami semakin parah maka jangan tunda untuk segera periksakan diri Anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *