Ini Dia Alternatif Pengganti Nasi

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Nasi mengenyangkan, murah, terasa lezat, dan merupakan sumber karbohidrat dan energi bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, nasi, terutama nasi putih, mungkin tidak cocok untuk semua orang, misalnya mereka yang sedang mencoba untuk mengurangi karbohidrat ataupun kalori karena alasan tertentu. Dalam kasus ini, sumber alternatif rendah kalori namun tetap bernutrisi dibutuhkan. Artikel ini akan membahas bahan makanan apa saja yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi

Pengganti nasi berikut ini tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga menyehatkan, karena kandungan nutrisinya yang lebih melimpah dibandingkan dengan nasi, di antaranya adalah:

  • Quinoa

Meskipun memiliki rasa dan tekstur seperti gandum, quinoa sesungguhnya adalah biji-bijian. Pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan memiliki kandungan protein yang lebih banyak jika dibandingkan dengan nasi putih biasa. Faktanya, 92 gram quinoa yang telah dimasak dapat menyediakan 4 gram protein, yang mana dua kali lipat dibandingkan dengan nasi putih dalam takaran sajian yang sama. Quinoa adalah sumber protein komplit, yang berarti pengganti nasi ini mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menjadikan quinoa sebagai sumber protein yang baik bagi para vegetarian. Quinoa juga merupakan sumber mineral penting seperti magnesium dan tembaga, yang mana memainkan peran penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang. 

Untuk memasak quinoa, rebus hingga mendidih 1 bagian quinoa dengan 2 bagian air. Tutup panci dan kurangi panas api, biarkan hingga air surut dan terserap sepenuhnya. Apabila Anda sensitif terhadap gluten, belilah hanya quinoa yang telah mendapatkan sertifikasi bebas gluten karena adanya risiko kontaminasi silang. 

  • Kembang kol

Kembang kol dapat menjadi pengganti nasi dan merupakan pilihan alternatif rendah kalori dan rendah karbohidrat. Kembang kol memiliki rasa yang ringan, dengan tekstur dan tampilan yang mirip nasi putih, menjadikannya alternatif populer bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat seperti keto. 57 gram sajian kembang kol hanya mengandung 13 kalori dibandingkan dengan 100 kalori yang didapatkan dari nasi putih dalam takaran yang sama. Untuk membuat kembang kol memiliki tampilan mirip nasi, cacah menggunakan “food processor” dan masak di atas panas api sedang dengan minyak sedikit hingga berwarna kecoklatan. 

  • Brokoli

Sama halnya dengan kembang kol, brokoli merupakan pilihan alternatif yang cerdas bagi orang-orang yang sedang menjalani diet rendah kalori dan karbohidrat. Kandungan nutrisinya pun mirip kembang kol, dalam 57 gram brokoli mengandung 15 kalori dan 2 gram serat. Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dalam 57 gram sajian brokoli sudah memenuhi 25 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan memperkuat kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sama seperti kembang kol, cah brokoli dan masak pada panas api sedang menggunakan sedikit minyak. 

Ada banyak alternatif pengganti nasi yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan kesehatan pribadi atau hanya menambah variasi pada diet yang Anda miliki. Quinoa merupakan pilihan tinggi protein dan bebas gluten, sehingga cocok bagi mereka yang sensitif terhadap gluten. Di sisi lain, sayuran seperti kembang kol dan brokoli rendah kandungan kalori dan rendah karbohidrat, namun diperkaya dengan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi dengan lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *