Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut adalah salah satu indra yang harus terus dijaga kebersihannya. Mungkin banyak orang yang mengira menjaga kesehatan mulut hanya dilakukan agar mulut tetap bersih dan terhindar dari masalah kerusakan dan bau mulut. Memang hal tersebut benar adanya, tapi nyatanya menjaga kesehatan mulut bukan hanya sekedar hal tersebut. Kesehatan mulut akan sangat berdampak bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab mulut adalah pintu masuk utama ke saluran pencernaan serta pernapasan. Saat mulut tak rajin dirawat dan dibersihkan dengan baik, tak jarang hal ini mengakibatkan mulut penuh dengan bakteri jahat yang mampu menyebabkan berbagai penyakit dalam muncul pada tubuh. Berikut adalah beberapa penyakit yang dinilai berpengaruh oleh kesehatan mulut: 

1. Endokarditis

Endokarditis merupakan kondisi infeksi pada lapisan bilik atau katup pada jantung. Hal ini bisa diakibatkan oleh bakteri atau kuman pada bagian mulut yang kemudian menyebar pada aliran darah dan menempel pada area jantung.

2. Kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan penyumbatan di area jantung. Hal ini mampu disebabkan oleh tekanan darah tinggi, gaya hidup tidak sehat hingga infeksi. Meskipun tak sepenuhnya disebabkan oleh bakteri pada mulut, nyatanya bakteri atau parasit, pada mulut yang mampu mengakibatkan penyakit ini terjadi. 

3. Komplikasi kehamilan dan kelahiran

Ini sering juga disebut dengan penyakit periodontal. Periodontal kerap dikaitkan dengan kelahiran prematur atau berat badan bayi yang rendah saat lahir. Hal ini bisa disebabkan oleh bakteri patogen periodontal yang secara langsung hidup di plasenta yang mampu mengakibatkan terjadinya komplikasi kehamilan dan kelahiran.

4. Radang paru

Bakteri pada mulut juga dinilai mampu menyebabkan radang paru terjadi. Bakteri pada mulut akan ditarik ke paru-paru dan mampu menyebabkan pneumonia hingga penyakit pernapasan lainnya.

Lalu langkah apa yang dapat dilakukan agar tetap terus bisa menjaga kesehatan mulut?

Untuk terus menjaga kesehatan mulut tentunya Anda harus rajin merawat dan membersihkan mulut dengan rutin setiap harinya. Beberapa langkah berikut dinilai dapat membantu Anda untuk mendapatkan kesehatan mulut yang baik.

1. Rutin sikat gigi

Sikat gigi setidaknya dilakukan dua kali dalam satu hari pada pagi dan malam hari agar mulut tetap bersih. Pastikan juga membersihkannya dengan sikat gigi lembut secara perlahan dengan gerakan memutar dan jangan sampai ada gigi yang tertinggal atau tidak dibersihkan. 

2. Flossing

Flossing diperlukan untuk membersihkan sela-sela gigi yang masih tertinggal oleh sisa-sisa makanan setelah menyikat gigi. Flossing juga memudahkan Anda membersihkan gigi ditempat yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Caranya, lilitkan benang khusus untuk flossing gigi pada kedua jari tengah kemudian pegang erat sisa benang menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Masukkan benang ke sela-sela gigi dengan perlahan dan gesek benang dengan gerakan naik-turun. Lakukan ke seluruh sela-sela gigi berkumur hingga bersih.

3. Obat kumur

Kebanyakan obat kumur mengandung antibakteri yang mampu mengurangi bakteri-bakteri jahat sehingga dapat mengurangi penyebab masalah pada mulut. Anda dapat menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi agar mulut benar-benar bersih dan bebas dari kuman. 

4. Rutin ganti sikat gigi

Anda dapat mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Ada juga yang mengatakan bahwa sebaiknya selalu mengganti sikat gigi sesudah terserang penyakit seperti flu dan batuk. Semakin lama sikat gigi dipakai, semakin banyak juga kemungkinan bakteri yang terkumpul pada sikat gigi. kemudian, saat sikaat gigi terlalu lama digunakan, kemampuannya untuk mengangkat kotoran atau plak pada gigi terlebih saat bentuknya sudah melengkung seperti berlawanan arah.

5. Kurangi penggunaan rokok

Rokok hanya akan mengakibatkan berbagai penyakit muncul pada area mulut terlebih jika jarang dibersihkan. Beberapa contoh penyakit yang disebabkan akibat penggunaan rokok ialah kerusakan lapisan terluar gigi, penyakit gusi, hingga kanker mulut. Untuk itu, kurangi penggunaan rokok jika Anda ingin mendapat kesehatan mulut yang baik. 

6. Jadwalkan pemeriksaan gigi dengan teratur 

Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk terus menjaga kesehatan mulut adalah rutin memeriksakan gigi pada dokter. Dengan rutin memeriksakan gigi pada dokter, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan gigi dengan baik. Jika terdapat masalah pada gigi, penangan bisa segera dilakukan sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih berat dan kompleks. Dokter juga pasti akan memberikan saran dan arahan yang harus Anda lakukan agar kesehatan gigi Anda dapat terus terjaga ketika Anda rutin memeriksakan kesehatan gigi. Salah satu rumah sakit yang menawarkan falisitas kesehatan gigi dan mulut adalah RS Yarsi. Rumah sakit ini terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kav 13, Menara Yarsi. 

Di Rumah sakit ini terdapat berbagai fasilitas kesehatan gigi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda mulai dari bedah mulut, cabut gigi, fluoride treatment, foto panoramik gigi, gigi palsu, implan gigi, odontektomi, crown gigi, kawat gigi, perawatan gigi, bleaching gigi, rontgen, scaling, tambal gigi, veneer, cabut gigi hingga operasi gigi. Hingga kini, RS Yarsi terus memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara komprehensif dan profesional sesuai Islam dengan bermutu tinggi dan bertaraf Internasional. Segera lakukan reservasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di RS Yarsi agar Anda dan keluarga dapat terus mendapat kesehatan gigi yang baik dan sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *