Hypafix Plester Jenis Apa? Simak di Bawah Ini!

Penggunaan perban atau plester untuk menutupi luka dan mengurangi pendarahan akibat terkena benturan dan terkena cedera sangatlah penting seperti Hypafix.

Plester luka produksi BSN Medical ini merupakan perekat yang berbahan dasar non-woven, yang menjadikan perban ini memiliki ukuran yang lebar sehingga mampu menjangkau dan menutup seluruh daerah luka.

Selain itu, plester luka ini mempunyai pori-pori yang memastikan bahwa kulit Anda yang tertutup plester tetap dapat bernapas dengan baik.

Keunggulan lainnya adalah adanya bantalan ekstrudat yang tidak melekat pada luka dan perekat hipoalergenik sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Untuk menggunakan plester ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggunting bagian gulungan yang diperlukan kemudian buka dan tempelkan pada kasa yang sudah digunakan untuk menutup luka.

Plester luka elastis ini bisa Anda peroleh dengan mudah di toko-toko obat online dan offline tentunya dengan harga yang terjangkau dan sesuai ukuran.

Jenis plester dan penggunaannya

Supaya Anda yang sedang mengalami luka, baik kecil maupun besar, Anda tentunya akan berupaya menghentikan luka itu dengan melapisi plester atau perban.

Namun sebelum mengaplikasikannya, sebaiknya Anda perlu mengetahui jenis pembalut luka yang Anda miliki tersebut sehingga akan memberikan hasil yang maksimal dan efektif.

Adapun dalam prakteknya, plester mempunyai 3 jenis umum. Jenis-jenis itu adalah sebagai berikut:

Plester Gulung

Disebut plester gulung karena bentuknya yang berupa gulungan atau roll yang bagiannya bisa digunting sesuai ukuran luka. 

Plester gulung ini merupakan yang umum dipakai, dan biasanya ada yang dilengkapi dengan perekat untuk mengganti kain kasa sehingga praktis.

Adapun untuk plester gulung ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Plester dari kain halus dan berpori

Yaitu plester yang dapat menutup luka tanpa memberikan tekanan pada luka sehingga masih dapat memungkinkan darah mengalir dengan baik

Plester elastis

Yaitu plester atau perban yang dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh atau kondisi tubuh. Karena sifatnya yang lentur plester ini dapat memberikan tekanan pada luka sehingga pembengkakan dan rasa sakit berkurang.

Perban jenis ini kebanyakan digunakan untuk menutupi luka dan menyanggah cedera, dan Hypafix termasuk dalam jenis plester ini.

Plester krep

Salah satu jenis plester gulung yang digunakan untuk membalut secara kuat pada cedera sendi seperti cedera engkel.

Plester tubular

Dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai tabung dan pada bagian tengahnya terdapat lubang.

Plester jenis ini kebanyakan digunakan untuk menahan balutan pada kaki dan jari tangan, serta penyangga ketika Anda mengalami cedera persendian.

Bahan plester tubular ini terdiri dari dua jenis, yaitu elastis dan kassa, dan penggunaan kedua jenis tersebut berdasarkan jenis luka yang Anda alami.

Apabila Anda mengalami cedera pada pergelangan kaki, gunakanlah yang elastis sedangkan jika Anda mengalami cedera pada kaki atau jari tangan, gunakanlah yang kassa.

Plester segitiga

Terakhir adalah plester segitiga yang digunakan sebagai penyangga bagian tubuh tertentu yang mengalami luka seperti lengan dan siku. Plester ini juga mempunyai fungsi dapat mempertahankan posisi plester yang menutup luka.

Untuk penggunaannya disarankan melalui tenaga medis supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembalutan luka.

Itulah mengenai Hypafix, plester luka yang sifatnya lentur dan elastis sehingga mudah menutupi dan mempercepat penyembuhan luka dan beberapa jenis plester luka yang bisa Anda gunakan sesuai dengan jenis luka yang Anda punya sehingga hasilnya efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *