Gunakan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif dan Hindari Makanan Ini

Sensitivitas gigi dapat diakibatkan oleh dua hal dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi, yaitu asam dan gula. Kedua faktor ini berperan untuk mengikis email Anda, lapisan pelindung yang menutupi gigi. Jika Anda sudah memiliki gigi sensitif, pastikan untuk menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif dan menghindari makanan umum yang memperburuk keadaan, seperti berikut ini.

1. soda

Soda sarat dengan gula, yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri berbahaya tertentu di mulut Anda. Setelah makan gula, bakteri di mulut menghasilkan asam laktat yang menyerang gigi, mengikis lapisan pelindung gigi, dan membuat Anda lebih mungkin mengembangkan gigi berlubang. Asam fosfat dalam soda juga mengikis email gigi tanpa bantuan bakteri. Gigi Anda kurang terlindungi dari bakteri dan gigi berlubang, yang menyebabkan peningkatan sensitivitas dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

2. Aneka jeruk

Minuman ini adalah sumber vitamin esensial yang lezat, tetapi buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali adalah sumber asam sitrat yang besar. Ketika para ilmuwan menguji email gigi terhadap asam sitrat, mereka menemukan asam menyebabkan pelunakan dan erosi email. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas gigi. Jus jeruk memiliki antara 9,1 dan 16,9 gram asam sitrat per liter – dengan begitu banyak asam dalam buah dan jus jeruk, sebaiknya hindari.

3. Acar

Acar rendah kalori dan lezat, seringkali menjadi camilan yang populer. Akan tetapi, acar memiliki kandungan asam sangat tinggi karena cuka yang diasamkan. Seperti makanan lain yang mengandung asam, acar dapat meningkatkan sensitivitas gigi dengan mengikis mineral email gigi Anda. Seiring waktu, erosi ini menyebabkan sensitivitas dan dapat menyebabkan hilangnya jaringan gigi lebih cepat. Acar juga biasanya dibuat dengan gula, yang dapat menyebabkan perkembangan gigi berlubang dan menyebabkan lebih banyak kepekaan dan rasa sakit.

4. Permen asam keras

Permen biasa sarat dengan gula, membuat konsumsi yang sering menjadi faktor dalam mengembangkan gigi berlubang. Mengonsumsi permen keras dan asam adalah masalah yang bagi orang-orang dengan gigi sensitif. Banyak permen asam menambahkan lebih banyak gula dan asam sitrat ke dalam produk mereka. Dalam beberapa penelitian, peneliti menemukan enamel pada permukaan gigi lebih aus setelah terpapar permen asam dibandingkan dengan permen lainnya.

5. Es krim

Sudah umum bagi orang untuk memiliki gigi yang sensitif terhadap dingin, dan banyak orang dengan gigi sensitif memiliki masalah makan es krim. Sensitivitas dapat disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk kerusakan gigi, penambalan gigi yang longgar, trauma pada wajah atau rahang Anda, atau bahkan oleh sedikit resesi gusi yang dapat mengekspos sebagian kecil dari akar gigi. Hindari makanan yang sangat dingin seperti es krim.

6. Buah Kering

Buah-buahan kering lengket dan sarat dengan gula. Lengketnya buah, gula dari buah tetap berada di dan di antara gigi Anda lebih lama setelah makan. Bakteri terpapar gula, sumber makanan mereka, untuk jangka waktu lebih lama, yang menyebabkan lebih banyak erosi email gigi dan kemungkinan lebih tinggi untuk mengembangkan gigi berlubang. Erosi enamel, ditambah lebih banyak atau memburuknya gigi berlubang, dapat membuat gigi Anda yang sudah sensitif terasa jauh lebih sakit.

7. Roti 

Karbohidrat sederhana dan halus seperti yang ditemukan dalam roti putih dipecah menjadi gula sederhana setelah Anda memakannya. Kelembutan roti membuatnya lebih cenderung menempel di celah dan celah di antara gigi Anda, bertahan lebih lama di sana dan memungkinkan bakteri memakan gula. Setelah bakteri memakan gula, asam laktat dibuat yang mengikis email gigi pada gigi Anda yang sudah sensitif.

Anda sebaiknya dapat mengatasinya menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif Sensodyne Multi Action. Produk ini mampu memberi perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif. Membantu mengurangi timbunan plak, mencegah gigi berlubang, dan menjaga kesehatan gusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *