Dongeng Anak Sebelum Tidur

Dongeng Anak Sebelum Tidur

Memiliki anak merupakan karunia yang diberikan Tuhan. Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dengan anak, salah satunya termasuk membacakan mereka buku sebelum tidur. Sebagian orang tua berpikir bahwa membacakan dongeng anak sebelum tidur dapat membantu anak untuk memulai tidur jika usia mereka masih dianggap sangat muda.

Alasan untuk Membacakan Dongeng

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang tua ingin membacakan dongeng anak sebelum tidur:

  1. Membantu proses tidur

Membacakan dongeng anak sebelum tidur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu mereka melalui proses tidur. Jika Anda membacakannya sebuah buku dengan nada yang baik, dan cerita tersebut dapat membuat pikiran anak Anda tenang, maka anak Anda lebih mudah merasa rileks sehingga mereka akan tidur lebih cepat.

  1. Membantu meningkatkan pengetahuan

Pada umumnya, ketika orang tua membacakan anak sebuah buku pada saat waktunya tidur, anak mereka bisa belajar sesuatu dari apa yang dikatakan orang tua mereka atau siapapun yang membacakannya. Mungkin saja anak Anda memiliki rasa ingin tahu tentang hal-hal yang berkaitan dengan buku tersebut seperti tindakan yang tidak boleh dilakukan. Semakin banyak dia tahu, semakin bertambah wawasan yang dia miliki dan hal tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi dia dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Meningkatkan relasi

Membacakan anak buku di malam hari sebelum tidur juga dapat meningkatkan relasi antara anak dengan orang tua atau orang yang membacakannya buku. Hal tersebut dapat menambah percakapan antara kedua orang tersebut seperti diskusi tentang buku yang telah diterangkan. Setelah membacakan buku, mungkin saja anak Anda ingin mendengarkan cerita dari buku lain. Dengan membaca buku lain, kedua orang tersebut bisa lebih banyak berinteraksi.

  1. Menjaga kesehatan mental anak

Jika anak Anda mudah merasa takut, Anda sebaiknya bacakan dia buku yang tidak mengandung cerita yang menakutkan. Anda juga pastikan bahwa cerita dari buku yang ingin Anda bacakan ke anak Anda mengandung bagian akhir yang menyenangkan (happy ending). Menceritakan hal-hal yang positif seperti ini dapat menenangkan perasaan anak dan meningkatkan rasa percaya diri dengan terus merasa optimis.

Buku-Buku Dongeng yang Direkomendasikan

Jika Anda ingin membelikan anak Anda buku cerita, namun merasa bingung untuk memilih buku seperti apa, berikut adalah beberapa buku yang direkomendasikan:

  1. Si Kancil

Si Kancil merupakan salah satu buku yang dapat Anda ceritakan kepada anak Anda. Di dalam cerita tersebut, si kancil mencoba menyeberangi sungai yang dikelilingi oleh buaya. Namun, si kancil mengakali buaya-buaya tersebut dengan berbaris supaya si kancil dapat menyeberangi sungai tersebut.

  1. Kelinci dan Kura-Kura

Kelinci dan Kura-Kura merupakan cerita lain yang dapat Anda ceritakan kepada anak Anda. Buku tersebut menceritakan tentang balapan antara kelinci dan kura-kura dengan kemampuan yang berbeda.

  1. Malin Kundang

Malin Kundang dapat Anda ceritakan kepada anak Anda. Buku tersebut menceritakan tentang seseorang yang bernama Malin Kundang yang mengubah nasibnya menjadi orang kaya sehingga ia tidak mengakui ibunya yang miskin.

  1. Si Kerudung Merah

Si Kerudung Merah (Little Red Riding Hood) bisa Anda ceritakan kepada anak Anda. Buku tersebut menceritakan tentang seorang gadis yang memakai kerudung merah yang ingin bertemu dengan neneknya, namun dia bertemu dengan serigala di bagian cerita tersebut.

  1. Robin Hood

Robin Hood menceritakan tentang seseorang yang melawan pangeran yang sombong dan berkuasa sehingga ia mengambil uang dari rakyat-rakyat miskin demi kepentingan dirinya.

  1. Tiga Babi Kecil

Tiga Babi Kecil (The Three Little Pigs) menceritakan tentang ketiga babi yang masing-masing hidup mandiri dan memiliki rumah dengan bahan yang berbeda. Namun, kekuatan rumah mereka ditentukan oleh seekor serigala yang mampu merusak rumah dengan meniupnya.

Kesimpulan

Membacakan dongeng anak sebelum tidur merupakan salah satu cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan hubungan dengan anak. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan pengetahuan anak sehingga dia dapat belajar untuk kehidupannya sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *