Kelebihan dan Kekurangan Diet Keto dengan Makanan Tinggi Lemak

Kelebihan dan Kekurangan Menurunkan Berat Badan dengan Makanan Tinggi Lemak Ala Diet Keto
Kelebihan dan Kekurangan Menurunkan Berat Badan dengan Makanan Tinggi Lemak Ala Diet Keto

Diet keto merupakan salah satu jenis proses penurunan berat badan yang membutuhkan bantuan konsumsi lemak supaya berat badan cepat turun. Nah, selain itu diet ini juga menganjurkan pemangkasan karbohidrat harian dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka yang melakukan diet ini hanya perlu memasukkan karbohidrat sekitar 30 gram perharinya. 

Meskipun diet keto baru saja populer di abad 20, tetapi sebenarnya diet ini sudah dilakukan oleh beberapa orang sejak tahun 1920. Dikenal ampuh untuk menurunkan berat badan, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan diet keto yang wajib kamu ketahui:

Kelebihan Diet Keto Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah kelebihan diet keto yang harus Anda ketahui:

1. Menurunkan Berat Badan

Diet keto yang dilakukan akan sangat baik untuk menurunkan berat badan. Diet ini sudah teruji dapat dengan mudah menekan nafsu makan meskipun Anda mengkonsumsi sedikit karbohidrat. Hal ini dikarenakan diet keto sendiri memerlukan konsumsi tinggi lemak serta protein. Akibatnya, pelaku diet ini akan merasa kenyang terus-terusan. Akibatnya, berat badan pun juga turun dengan mudah. 

2. Mengurangi Gula Darah atau Tingkat Insulin

Diet rendah karbo seperti diet keto akan membantu penderita diabetes mengurangi tingkat insulin. Penelitian membuktikan bahwa memotong karbohidrat akan menurunkan kadar gula darah dan insulin secara drastis. Beberapa penderita diabetes yang memulai diet rendah karbohidrat sendiri sebenarnya disarankan untuk menurunkan kadar insulin hingga 50%.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menjalar pada jenis penyakit lain, misalkan saja sakit jantung dan stroke. Untuk menyembuhkannya, perlu menurunkan level karbohidrat secara perlahan. Nah, diet keto bisa menurunkan tekanan darah karena level karbo yang juga turun. 

4. Memperbaiki Metabolisme yang Rusak

Rupanya, diet keto sendiri berguna untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang sudah rusak. Dengan mengurangi karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, maka pembakaran kalori pun berubah ke lemak dan protein.

5. Menjadi Sarana Terapi Bagi Penderita Kelainan Saraf Otak

Diet keto sendiri ternyata juga bagus untuk mengatasi kelainan saraf otak. Nah, rupanya dengan menggunakan metode diet ini, otak akan semakin tajam dan jarang terkena alzheimer. Bila dilakukan sebagai gaya hidup, maka saraf otak pun bisa terjaga dari kelainan. 

Kekurangan Diet Keto Bagi Kesehatan

Nah, selain kelebihannya, diet keto juga memiliki kekurangan.

1. Susah Dibiasakan

Aturan diet keto yang lumayan ketat membuatnya susah diaplikasikan sebagai kebiasaan sehari-hari. Diet ini memang efektif untuk jangka waktu yang pendek, khususnya bagi performer panggung yang ingin menurunkan berat badan.

2. Kekurangan Nutrisi

Diet keto sendiri akan membuat tubuh kekurangan nutrisi karena hilangnya karbohidrat di dalam badan. Mineral, vitamin dan serat pun juga akan hilang karena kebiasaan makan ala diet keto. 

3. Menimbulkan Resiko penyakit Jantung

Aturan diet keto yang mengharuskan konsumsi makanan berlemak lebih banyak akan menimbulkan resiko kesehatan berupa rasa tidak nyaman pada jantung. Bila dibiarkan, lama kelamaan jantung akan terasa nyeri. Nah, supaya hal ini tidak terjadi sebenarnya pelaku diet keto wajib melakukan olahraga untuk membakar kalori. 

4. Depresi

Diet keto sendiri membutuhkan monitoring makanan yang sangat ketat sehingga Anda bisa saja stress bila tidak terbiasa. Tak hanya itu, terkadang rasa bersalah karena tidak menghitung dengan benar kalori yang masuk ke tubuh akan menghantui pikiran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *