Dampak Psikologis yang Timbul pada Penderita Sindrom Turner

Pada seorang anak yang memiliki kelainan sindrom Turner, perbedaan fisik yang ada dapat menjadikan mereka merasa rendah diri. Tingkat keparahan sindrom tersebut sangat bervariasi dan banyak anak perempuan yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi tersebut sampai mereka mencapai masa pubertas.

Efek dari sindrom turner

Jika tidak diobati dengan segera, pertumbuhan anak perempuan dengan sindrom Turner akan terhambat sehingga tubuh mereka akan tetap pendek dan tidak akan mencapai kematangan seksual secara utuh. Hal ini dikarenakan indung telur mereka tidak berkembang secara normal dan menyebabkan infertilitas.

Masalah Kesehatan lain yang mungkin terjadi pada pengidap sindrom Turner adalah masalah ginjal, jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes mellitus, masalah tiroid, serta perkembangan tulang yang tidak normal. Anak perempuan dengan sindrom Turner biasanya memiliki kecerdasan normal, tetapi beberapanya mungkin memiliki masalah dalam belajar, seperti dalam bidang matematika, keterampilan, dan masalah pendengaran.

Meskipun tidak ada hubungan langsung antara sindrom Turner dan kendala psikologis, tetapi ada kemungkinan anak perempuan dengan sindrom Turner memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan citra tubuh negatif karena perbedaan yang mereka alami dibandingkan dengan anak perempuan lainnya.

Cara membangun kepercayaan diri penderita sindrom Turner

Anak perempuan dengan sindrom Turner kemungkinan memiliki masalah medis tertentu dan karakteristik fisik yang berbeda. Namun, Anda dapat membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan hidup sehari-hari dengan cara berikut:

  • Latih secara mandiri dalam menentukan batasan untuk bisa berbagi tentang kondisi yang dialami
  • Perlakukanlah dia sesuai umurnya, ketika mempertimbangkan beberapa banyak tanggung jawab yang Anda berikan padanya.
  • Aturlah rumah agar nyaman bagi mereka
  • Bantu dia mengatasi situasi baru dan ber dorongan untuk meminta bantuan dengan teman-temannya.
  • Berilah pujian atau penghargaan atas kekuatan dan keterampilan yang dimiliki olehnya dalam mengatasi suatu masalah.
  • Mendorong anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang tidak berkaitan dengan ketinggian seperti menyelam atau bekerja sebagai sukarelawan. Kegiatan sukarela dapat menjadi pendorong kepercayaan diri yang besar.
  • Jika mengalami depresi atau memiliki masalah harga diri, berilah bimbingan konseling melalui pihak profesional dalam penanganan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *