CC Cream dan BB Cream, Mana Yang Cocok?

Bagi para wanita, mungkin Anda sudah familiar dengan CC cream dan BB cream. Biasanya kedua produk tersebut dapat dengan mudah ditemukan di rak-rak di samping foundation tradisional, pelembap berwarna, dan makeup wajah lainnya. Namun tidak sedikit orang yang tidak mengetahui perbedaan antara BB cream dan CC cream. Anda mungkin juga tidak yakin bagaimana membedakan keduanya dengan makeup wajah standar, mengingat kedua produk tersebut baru mendapatkan popularitasnya beberapa tahun belakangan ini. 

Pada umumnya, BB cream dan CC cream adalah produk perawatan multiguna. Kedua produk tersebut mengombinasikan makeup dan produk perawatan kulit dalam satu formula. Tergantung bahan yang terkandung di dalamnya, BB cream dan CC cream dapat digunakan sebagai primer, foundation, pelembap, concealer, perawatan kulit, dan bahkan tabir surya. Sebagai sebuah produk yang multiguna, BB cream dan CC cream merupakan produk yang sangat cocok bagi Anda yang enggan repot dan menghabiskan banyak waktu memakai makeup. Tidak hanya produk ini dapat membantu Anda menghemat banyak waktu dan uang, karena sifatnya yang multiguna membuat kedua produk tersebut dapat menggantikan banyak produk makeup yang tidak Anda perlukan kembali. Namun, baik BB cream dan CC cream memiliki perbedaannya masing-masing. Pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan akan tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kulit yang Anda miliki dan tampilan yang ingin Anda punyai setelah penggunaan BB cream ataupun CC cream. 

Perbedaan BB cream dan CC cream

BB cream adalah produk makeup dengan banyak manfaat bagi kulit. BB dalam kata BB cream merupakan singkatan dari “blemish balm” atau “beauty balm”. BB cream menawarkan lapisan penutupan yang tipis, sehingga akan sangat baik digunakan untuk menutupi dan menyamarkan noda wajah yang bersifat ringan atau minor. Hasil akhiran yang tipis juga membuat BB cream menjadi produk ideal bagi mereka yang ingin memiliki tampilan makeup terlihat tanpa makeup. 

BB cream memiliki bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Hal ini berarti Anda bisa menutupi noda dan bercak kulit tak sempurna sekaligus merawat kesehatan kulit. BB cream terbuat dari bahan-bahan yang bermacam-macam, tergantuk merek dan varian produk, namun kebanyakan mengandung bahan seperti pelindung kulit (vitamin dan antioksidan), pelembap (asam hyalorinic, glycerine, dan panthenol), SPF mineral (titanium dioxide dan zinc oxide), pencerah (niacinamide dan akar licorice), serta agen pengencang kulit (seperti peptide dan hydrolysed collagen). 

Biasanya, manfaat utama BB cream adalah untuk menghidrasi kulit kering. BB cream umumnya memiliki tekstur yang lunak. Penting untuk diketahui bahwa SPF yang terkandung di dalam BB cream memiliki besar yang berbeda. Lembaga Dermatologi Amerika merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan SPF 30 atau tinggi setiap harinya. Apabila BB cream Anda memiliki SPF yang lebih rendah, Anda juga perlu menggunakan tabir surya. 

Sementara itu, CC cream mirip dengan BB cream, namun memiliki lebih banyak kemampuan untuk menutupi ketidaksempurnaan. CC memiliki singkatan “color control” atau kontrol warna, dan diformulasikan secara khusus untuk mengatasi perbedaan warna pada kulit seperti kemerahan, kulit kusam, lingkaran hitam di bawah mata, rona warna kulit yang tidak rata, hiperpigmentasi atau noda hitam, serta bekas jerawat. Pada umumnya, CC cream lebih berfokus pada sifat anti-penuaan. Kebanyakan produk CC cream diformulasikan dengan SPF, sekaligus bahan-bahan yang dapat memudarkan keriput dan tanda-tanda penuaan. CC cream memiliki konsistensi yang lebih ringan dibandingkan dengan BB cream.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *