Cara Mengobati Telinga Budek Sebelah Kanan atau Kiri yang Bisa Dilakukan di Rumah

Telinga tersumbat sebelah adalah salah satu gangguan telinga yang paling sering dialami oleh banyak orang. Telinga akan terasa penuh di salah satu bagian dan menyebabkan menurunnya fungsi pendengaran, atau membuat suara terdengar jauh dan kecil.

Penyebab telinga tersumbat sebelah hingga terasa budeg ini sangat beragam, mulai dari yang bisa disembuhkan sendiri hingga memerlukan penangan dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan). Tentunya berbeda penyebab, akan berbeda pula bagaimana cara mengobati telinga budek sebelah kanan atau kiri.

Penyebab telinga tersumbat

Tidak hanya menurunkan fungsi pendengaran, beberapa penyebab telinga tersumbat di salah satu bagian ini pun bisa menimbulkan rasa pusing, nyeri, bunyi dengung, dan lainnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan telinga menjadi budek di sebelah kanan atau kiri.

Penyebab telinga keluar cairan salah satunya, yaitu otitis media.
  • Kotoran telinga sudah menumpuk
  • Terlalu sering mendengarkan suara keras
  • Terjadi infeksi telinga tengah atau otitis media
  • Gejala tinnitus
  • Penyakit meniere
  • Kemasukan air
  • Kemasukan serangga atau benda asing lainnya
  • Neuroma akustik
  • Flu atau pilek
  • Berada di tempat tinggi 
  • Gejala sinus, dan lainnya.

Beberapa penyebab di atas sering terjadi pada banyak orang, dan bagaimana cara mengobati telinga budek sebelah kanan atau kiri pun juga beragam, ada yang perlu datang ke dokter, atau bisa melakukan perawatan sendiri.

Atasi telinga tersumbat dengan perawatan di rumah

Cara mengobati telinga budek sebelah kanan atau kiri ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi penyebab telinga tersumbat yang tidak berbahaya dan tidak membutuhkan bantuan dokter spesialis.

1. Kompres air hangat 

Pada saat Anda flu dan pilek lalu merasakan bahwa telinga Anda tersumbat, itu disebabkan karena adanya lendir yang tersumbat di bagian tengah telinga. Sebenarnya, hal tersebut akan mereda saat flu dan pilek Anda selesai. Akan tetapi, jika dirasa mengganggu maka Anda bisa mencoba untuk mengompres telinga dengan air hangat.

Suhu hangat yang Anda gunakan itu bisa mengencerkan lendir dan juga melebarkan pembuluh darah sehingga lendir tersebut tidak lagi tersumbat dan aliran darah yang membawa oksigen akan sampai ke bagian tubuh yang sakit.

Anda cukup menggunakan lap yang telah dicelupkan ke air hangat bersuhu 40-50 derajat celcius, dan diperas hingga hanya menyisakan uap hangat. Lalu, tempelkan di bagian telinga Anda selama 5-10 menit.

2. Obat dekongestan

Cara mengobati telinga budek sebelah kanan atau kiri selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat dekongestan bila disebabkan karena flu dan pilek.

Obat ini bekerja dengan cara meredakan pembengkakan selaput lendir dan mengembalikan tekanan yang ada di dalam telinga menjadi normal. 

3. Miringkan kepala

Pada saat berenang atau mandi, seringkali air tidak sengaja masuk dan menyebabkan budek di salah satu bagian telinga. Oleh karena itu cara mengobati telinga budek sebelah kanan ini dengan cara memiringkan kepala ke arah telinga yang tersumbat, bisa dengan posisi tidur ataupun berdiri.

Dengan begitu, lama kelamaan air yang tersumbat di dalam telinga akan turun keluar.

4. Menggunakan hair dryer

Sama fungsinya dengan penggunaan pada rambut, menggunakan hair dryer juga bisa mengeringkan air yang ada di dalam telinga sehingga tidak lagi tersumbat.

5. Menggunakan baby oil atau minyak esensial

Apabila kotoran telinga dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan, maka ia akan mengeras dan menyebabkan telinga tersumbat. Biasanya jika telinga tersumbat karena kotoran yang menumpuk akan disertai dengan rasa gatal di telinga.

Cara mengobati telinga budek sebelah kanan dan kiri ini bisa memanfaatkan baby oil atau minyak esensial untuk melunakkan kembali kotoran telinga.

Caranya, hangatkan minyak tersebut hingga terasa cukup hangat. Lalu masukkan ke dalam telinga yang sudah dihadapkan ke atas menggunakan pipet. 

Setelah masuk, tahanlah selama 10-15 detik lalu miringkan telinga agar kotoran keluar bersama minyak tersebut. Jika masih tersumbat, ada baiknya Anda langsung mendatangi dokter spesialis agar dapat dibersihkan secara menyeluruh.

6. Teknik pasif

Cara mengobati telinga budek sebelah kanan selanjutnya adalah menggunakan teknik pasif. Melakukan teknik pasif ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengunyah permen karet selama beberapa saat hingga telinga tidak lagi tersumbat.

Dengan melakukan teknik pasif ini, Anda akan membantu katup eustachius yang tersumbat kembali terbuka sehingga tekanan yang ada di telinga bisa teratasi.

7. Manuver valsava

Teknik terakhir yang sangat mudah dilakukan sebagai cara mengobati telinga budek sebelah kanan adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan menutup lubang hidung. Hembuskanlah napas secara perlahan melalui mulut Anda, atau dikenal dengan teknik manuver valsava.

Jadi, itulah beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai cara mengobati telinga budek sebelah kanan dan kiri. Apabila setelah mencoba beberapa teknik di atas namun telinga tetap tersumbat, maka Anda bisa segera menghubungi dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *