Cara Meminta Maaf kepada Pacar Setelah Ketahuan Selingkuh

Menjalani sebuah hubungan percintaan kadang gampang-gampang susah. Akan banyak permasalahan yang bakal dijumpai sepasang kekasih, dari yang remeh-temeh sampai yang bisa menghancurkan hubungan. Salah satu dari masalah yang paling sering terjadi adalah perselingkuhan. Karena itu termasuk permasalahan yang cukup serius, mengetahui cara meminta maaf kepada pacar setelah ketahuan selingkuh mungkin bisa sedikit membantu.

Banyak orang beranggapan bahwa komitmen, kejujuran, dan sikap saling setia adalah landasan paling dasar dari sebuah ikatan hubungan percintaan. Ada yang tak bisa menoleransi sebuah perselingkuhan. Namun, ada beberapa orang yang mungkin masih dapat mempertimbangkan pasangannya setelah ketahuan berselingkuh.

Bagi golongan pertama, bagaimanapun permintaan maaf dan penjelasan yang dilontarkan, mungkin akan mental begitu saja. Akan tetapi tak ada salahnya untuk mencoba dahulu memperbaiki hubungan yang sudah di ujung tanduk itu. Terlebih Anda masih sayang dan cinta terhadap pasangan Anda dan siap berubah untuk itu.

Saran, tips, atau cara meminta maaf kepada pacar setelah ketahuan selingkuh di bawah ini dapat Anda coba sebagai sebuah upaya untuk mendapatkan kembali hatinya:

  • Tunjukkan Penyesalan

Penting bagi seseorang yang melakukan kesalahan untuk mengatakan sebuah penyesalan. Hal ini berkaitan dengan kesungguhan seseorang sebelum meminta maaf. Yakinkan dia bahwa Anda sadar betul apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

  • Berikan Penjelasan Mendetail

Cara meminta maaf kepada pacar setelah Anda ketahuan selingkuh adalah memberikan penjelasan selengkap-lengkapnya. Ini dibutuhkan agar pasangan Anda dapat menilai sendiri apa yang sebenarnya terjadi.

Namun, dengan ini, memungkinkan Anda akan jadi bulan-bulanan atas pertanyaan-pertanyaan dia. Disarankan Anda untuk menjawab pula pertanyaan-pertanyaan itu secara lengkap dan detail. Ingat, jangan pernah sekali-kali untuk berbohong kepadanya agar dapat “selamat” pada sesi ini. Sebab, cepat atau lambat kebohongan itu bakal jadi masalah baru di kemudian hari.

  • Menunjukkan Sikap Bertanggung Jawab

Daripada sekadar menjelaskan alasan yang melatarbelakangi tindakanmu, cobalah tahan diri untuk tidak langsung menceritakan pendapat atau perasaanmu terhadap situasi yang ada. Mencari dan mengatakan alasan atas perilakumu membuatmu terkesan tidak sungguh-sungguh meminta maaf.

  • Penting untuk Tidak Berharap Banyak

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa perselingkuhan termasuk dalam kesalahan fatal dalam sebuah hubungan, penting bagi Anda untuk tidak berharap banyak atas situasi setelahnya.

Tanamkan dalam diri Anda bahwa kesempatan ini murni untuk menyesali perbuatan Anda sekaligus meminta maaf kepadanya. Pasalnya, banyak orang yang tak lagi menolerir sebuah perselingkuhan. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan maaf darinya, andai dia mau menerima Anda kembali dalam hidupnya, anggaplah itu sebagai bonus.

  • Siap Menerima Segala Konsekuensi

Hal penting lain dalam serangkaian cara meminta maaf kepada pacar setelah ketahuan berselingkuh adalah siap akan semua konsekuensi yang ada. Cobalah sampaikan kepadanya kalimat yang bisa membantunya memahami bahwa Anda sudah mempertimbangkan dampak tindakan terhadapnya. Akan lebih bijak jika kamu menunjukkan kepadanya bahwa kamu tidak langsung mengharapkan maaf (secara mutlak) darinya.

  • Beri Dia Waktu

Setelah semua yang Anda lakukan, mungkin dia butuh waktu untuk mempertimbangkan segalanya dengan masak. Andai saat pertemuan soal permintaan maaf itu dia tidak mengambil sebuah putusan, biarkan dia dengan dirinya sendiri. Jangan mengganggunya dengan “rengekan” atau hal-hal yang mungkin bisa membuatnya semakin kesal dengan Anda.

***

Sebagai orang yang berada di posisi tidak menguntungkan, Anda mungkin tidak punya banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu selain melakukan beberapa cara meminta maaf kepada pacar di atas. Yakinkan diri Anda bahwa Anda layak mendapat kehidupan yang bahagia, apa pun kondisinya. Ini bertujuan agar nantinya Anda tak terbebani sebuah kesalahan pada masa lalu, tak peduli apa keputusan pasangan Anda setelahnya. Yang terpenting Anda sudah memiliki itikad baik kepadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *