Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dengan IPL Acne 

Sebagian banyak orang, jerawat merupakan salah satu permasalah kulit yang sulit dihilangkan. Karena itu, banyak upaya yang dilakukan untuk mengatasinya seperti memberikan salep jerawat, memakai masker, hingga obat-obatan jerawat lainnya. Namun, ada tindakan perawat yang lebih efektif agar masalah kulit berjerawat Anda bisa segera teratasi, yaitu dengan IPL Acne

Apa itu IPL dan bagaimana efektivitasnya terhadap kulit berjerawat? Untuk mengetahui info lebih lengkap, Anda perlu menyimak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa itu IPL Acne bagi kulit berjerawat?

Intense pulsed light (IPL) Acne IPL merupakan pengobatan jerawat yang cukup aman dan efektif dengan sedikit efek samping. Tak hanya itu, IPL Acne juga dinilai bisa mengeringkan jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat serta mengobati peradangan.

Berdasar beberapa penelitian dalam  jurnal Dermatology Therapy, IPL dinilai bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulit di sekitar jerawat serta mengatasi bekas jerawat. Selain itu, perawatan IPL  mampu mengecilkan ukuran kelenjar minyak. Jadi, produksi minyak atau sebum di kulit jadi berkurang. Dengan begitu, pori-pori Anda tidak kembali tersumbat karena penumpukan sel kulit mati serta  minyak yang berlebih. 

Lebih lanjut, metode terapi  yang menggunakan cahaya ultraviolet serta cahaya lainnya itu dinilai ampuh mengatasi beragam jenis jerawat seperti blackheads dan whiteheads. Treatment ini tidak disarankan untuk mengobati jerawat nodul. 

Bahan dan metodenya seperti apa?

Sepuluh pasien dengan jerawat wajah menjadi sasaran monoterapi dengan IPL. Grading awal jerawat dilakukan dengan indeks keparahan jerawat. Sisi kanan dan kiri wajah diberi skor secara terpisah dan skor total juga diambil.

Perlu diingat bahwa IPL diberikan seminggu sekali selama empat sesi.  Sisi kanan dikenai IPL dengan mode burst-pulse, dan sisi kiri dikenai mode single-pulse.  Skor keparahan dinilai setelah akhir pengobatan.  Foto-foto klinis juga diperoleh untuk evaluasi. 

Bagaimana hasil IPL Acne?

Dalam IPL Acne terdapat dua mode pengobatan, yaitu single-pulse dan burst-pulse yang dinilai efektif.  Skor total rata-rata adalah 49,4 pada awal dan menunjukkan pengurangan 49,19% setelah empat sesi IPL. Sisi perlakuan mode burst-pulse menunjukkan kontrol yang lebih baik daripada mode single-pulse. 

IPL sebagai monoterapi menunjukkan efek menguntungkan dalam pengobatan jerawat wajah.  Mode burst-pulse lebih baik daripada mode single-pulse dalam membersihkan jerawat.

Apa saja manfaat treatment IPL Acne? 

Intense pulsed light (IPL) adalah perawatan kulit kosmetik. Salah satu manfaat yang banyak digunakan ialah mengatasi jerawat dengan treatment tersebut. Selain itu, orang dapat menggunakannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan atau menghilangkan rambut yang tidak diinginkan.  

Kegunaan lain termasuk mengurangi munculnya bekas luka, mencerahkan bagian kulit yang lebih gelap, dan memperbaiki tampilan urat laba-laba. 

Secara umum, kinerja IPL dinilai sama dengan terapi laser.  Namun, perbedaannya adalah di mana terapi laser memberikan satu panjang gelombang energi cahaya, IPL bahkan memberikan beberapa panjang gelombang.   

Perlu diketahui bahwa IPL tersebut menggunakan energi cahaya guna menargetkan secara akurat dan menghilangkan sel-sel kulit berpigmen hingga kulit rusak. Cahaya tersebut memanaskan sel-sel di kulit dan memecahnya. Tubuh kemudian menghilangkan jaringan yang rusak secara alami. 

Manfaat dari IPL Acne tidak hanya untuk mengatasi ataupun menghilangkan jerawat, tetapi bisa juga sebagai pengobatan untuk masalah kulit lainnya seperti berikut ini. 

  • bekas jerawat 
  • tanda lahir 
  • rosacea atau kondisi  kemerahan pada wajah 
  • hiperpigmentasi, termasuk bintik-bintik hati atau penuaan dan bintik-bintik 
  • melasma, suatu kondisi yang menyebabkan bercak-bercak kulit berwarna coklat atau abu-abu 
  • bekas luka 
  • vena laba-laba 
  • stretch mark 
  • kulit rusak akibat sinar matahari 
  • kerutan

Itulah berbagai manfaat dari treatment IPL Acne. Apabila Anda menginginkan perawatan tersebut berjalan sesuai keinginan, rajinlah berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dulu untuk mengetahui tindakan yang tepat sehingga mendapatkan hasil perawatan yang optimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *