Callusol, Produk dengan Kandungan Asam Salisilat Untuk Atasi Kutil

Kutil (Verruca vulgaris) adalah benjolan di kulit yang disebabkan oleh lebih dari 100 jenis Human papillomavirus (HPV). Keberadaannya pertama kali ditemukan oleh Shakespeare pada mumi berusia 3000 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penyakit ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Kutil bersifat menular dan dapat menimbulkan rasa sakit. Penyakit ini tergolong tidak berbahaya jika muncul di tangan atau kaki. Namun beberapa jenis lain yang muncul di area kemaluan dapat menyebabkan kanker serviks. Jika Anda merasa memiliki memilikinya, Anda harus segera menemui dokter.

Morfologi dan Tekstur Kutil

Kutil umumnya berbentuk seperti bulatan dengan diameter sekitar 0,1-1 cm dan memiliki tekstur yang kasar. Ada juga yang berbentuk seperti cincin berlubang yang dikelilingi kulit yang tebal dan keras (Plantar).

Verruca vulgaris dapat muncul di berbagai bagian tubuh, misalnya di area jari tangan dan kaki (Common Wart); area telapak kaki (Plantar Wart); area paha dan lengan (Flat Wart); area wajah dan leher (Filiform Wart); area sekitar kuku tangan dan kaki (Periungual Wart) dan area kelamin (Genital Wart).

Cara Mencegah Kutil Menyebar

Ada beberapa cara mencegah kutil menyebar ke bagian tubuh lain, diantaranya:

  1. Mencuci tangan secara teratur jika menyentuh kutil
  2. Hindari menggunakan barang pribadi untuk bersama
  3. Menutup kutil dengan plester. Jangan menyentuh, menggaruk atau mencungkilnya.
  4. Jaga tangan dan kaki dalam keadaan kering. Jangan lupa mengenakan alas kaki ketika berada di lokasi yang berair atau lembap.

Obat Kutil Terbaik

Pengobatan kutil dapat dilakukan dengan bahan alami maupun produk kimia. Bahan alami yang sering digunakan dalam pengobatan penyakit ini adalah tea tree oil, bawang putih, lidah buaya, cuka apel, sayuran hijau dan makanan yang mengandung Asam Folat dan Vitamin B12.

Selain bahan alami, penyakit ini juga dapat diobati dengan produk kimia. Biasanya digunakan produk yang memiliki kandungan Asam Salisilat. Disebut sebagai agen keratolitik, zat ini disebut sebagai obat kutil terbaik yang mampu mengikis keratin di permukaan kulit dan menghaluskan permukaan kulit kasar.

Pada umumnya, Asam Salisilat memang banyak digunakan dalam untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, tebal, mengeras, mudah mengelupas, mata ikan hingga kapalan. Zat ini juga digunakan untuk mencegah noda hitam dan jerawat.

Cara Menghilangkan Kutil

Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Beberapa minggu bahkan bulan. Supaya waktunya lebih singkat, berikut beberapa cara menghilangkan kutil secara mandiri yang dapat Anda tiru, antara lain: 

  1. Salep dan Obat Tetes

Penyakit ini dapat diobati dengan produk yang mengandung Asam Salisilat seperti salep atau obat tetes. Cara ini adalah metode yang paling efektif dibandingkan metode lainnya.

Salah satu produk obat tetes adalah Callusol Larutan. Produk ini memiliki kandungan bahan asam salisilat, asam laktat dan polidokanol yang berfungsi mengobati kutil, mata ikan, kapalan dan kulit yang mengeras.

  1. Freezing Treatment

Produk perawatan ini adalah campuran dimetil eter dan propana yang disemprotkan ke kulit. Meski mudah dijumpai, produk ini tidak cukup ampuh untuk menghilangkan seluruh kutil.

  1. Lakban

Lakban ternyata dapat digunakan untuk mengobati kutil. Anda hanya perlu menutup permukaan kulit selama beberapa hari, menggosok dan menghilangkan kulit matinya. Namun cara ini juga tidak begitu ampuh karena harus dilakukan berkali-kali dan tidak dapat menghilangkan 100%.

Pembelian Produk untuk Mengatasi Kutil

Anda dapat melakukan pembelian produk untuk mengatasi kutil seperti Callusol, dengan cara mengakses website toko.sehatq atau melalui aplikasi SehatQ yang dapat diunduh di Google Play maupun App Store. Anda juga dapat mengakses berbagai info kesehatan dan melakukan perawatan medis secara online dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *