Bisakah Bawang Putih Mengobati Jerawat di Telinga?

Jerawat di telinga dan di dalam telinga terasa sangat mengganggu dan menyakitkan. Hal ini dikarenakan lemak di telinga lebih sedikit dari bagian lainnya. Selain itu jerawat di telinga susah diobati karena kita tidak bisa melihat letak jerawat dengan jelas.

Memencet jerawat di telinga sangat tidak disarankan karena kuman dan kotoran dari jerawat bisa masuk ke dalam telinga. Salah satu cara alami untuk mengobati jerawat adalah dengan mengoleskan bawang putih. 

Namun, apakah aman menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat telinga?

Klaim bawang putih untuk jerawat

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak sifat bermanfaat, seperti antimikroba dan anti-inflamasi. Bawang putih juga termasuk dalam salah satu daftar makanan super (superfood) karena khasiatnya. 

Sifat antimikroba tersebut berasal dari senyawa kimia allicin yang terkandung dalam bawang putih. Penelitian menunjukkan bahwa allicin menghambat pertumbuhan Streptococcus epidermidis, salah satu bakteri penyebab jerawat. 

Peneliti juga menyimpulkan terdapat bahan kimia lain pada bawang putih yang meningkatkan efek antimikroba. Kemampuan bawang putih untuk mempercepat penyembuhan luka juga menandakan potensinya terhadap mengobati jerawat dan mencegah jaringan parut.

Namun dari seluruh penelitian mengenai bawang putih, tidak disebutkan secara jelas apakah bawang putih dapat mengobati jerawat dan bekas jerawat secara khusus. 

Amankah bawang putih untuk jerawat?

Bawang putih menghasilkan sensasi panas dan efek samping lain sehingga penggunaannya secara topikal harus dilakukan dengan hati-hati. Efek sampingnya termasuk:

  • Dermatitis kontak iritan: Ruam kulit di area terdampak sebagai respons terhadap iritan.
  • Dermatitis kontak alergi: Ruam kemerahan di kulit sebagai reaksi alergi.
  • Kontak urtikaria: Pembengkakan lokal dan kemerahan pada kulit sebagai respons terhadap zat yang mengiritasi (irritant).
  • Pemfigus: Luka lecet pada kulit yang terasa sakit.

Berikut tips menggunakan bawang putih topikal dengan aman:

  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum mengoleskan bawang putih ke kulit. Orang berkulit sensitif mungkin tidak cocok dengan bawan putih
  • Mencampurkan bawang putih dengan minyak pembawa, seperti minyak jojoba atau minyak biji anggur untuk mencegah iritasi
  • Oleskan bawang putih ke bagian kecil kulit terlebih dahulu, seperti tangan, sebelum mengaplikasikannya ke area yang berjerawat

Mengobati jerawat di telinga secara alami

Dibandingkan dengan bawang putih, berikut cara alami yang terbukti aman untuk mengobati jerawat di telinga:

  1. Kompres air hangat atau dingin

Mengompres jerawat dengan air hangat atau dingin membantu mengurangi peradangan jerawat, rasa sakit, dan mempercepat pematangan jerawat. Kompres selama 5 menit dan lakukan tiga kali sehari untuk hasil yang efektif.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Minyak pohon teh 5% terbukti sebanding dengan benzoil peroksida. 

Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskan minyak pohon teh ke jerawat di telinga. Lakukan satu kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.  

  1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida ditemukan di banyak produk kulit untuk mengobati jerawat. Benzoil peroksida efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes, dan membantu menghilangkan komedo.

Terdapat dua varian yang biasa digunakan, yaitu 2,5% dan 10%. Bagi pemula disarankan untuk menggunakan benzoil peroksida berkonsentrasi rendah. Lagipula, konsentrasi lebih tinggi tidak berarti lebih efektif mengobati jerawat.

  1. Krim retinoid

Krim retinoid (vitamin) seringkali diresepkan dokter untuk mengobati jerawat di telinga. Namun retinoid memiliki efek cukup keras sehingga harus dilakukan secara hati-hati.

  1. Antibiotik topikal

Untuk jerawat yang parah, dokter terkadang akan meresepkan antibiotik topikal, seperti eritromisin atau klindamisin yang dikombinasikan dengan benzoil peroksida. Namun antibiotik harus digunakan sesuai rekomendasi dokter.

Jika jerawat di telinga tidak kunjung sembuh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *