Biaya Tes PCR di Prodia Manado dan Prosedurnya

Laboratorium Klinik Prodia Manado menyediakan pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi adanya virus corona di dalam tubuh kita. 

Kamu bisa melakukan tes PCR di Prodia Manado yang beralamat di Jalan Sam Ratulangi Nomor 72, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. 

Hasil tes PCR di Prodia Manado akan keluar pada hari ke 3-4 setelah pemeriksaan. Berikut ini informasi terkait estimasi biaya, prosedur, dan manfaat tes PCR.

Tes RT-PCR Covid-19

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tes swab PCR dilakukan untuk mendeteksi adanya materi genetika RNA virus SARS CoV-2 dengan mengambil sampel dari dahak, lendir, atau cairan di hidung. 

Biaya Tes RT-PCR Covid-19 di Laboratorium Klinik Prodia Manado adalah Rp1.032.000 dengan hasil pemeriksaan keluar pada 3-4 hari kerja.

Biaya ini sudah termasuk konsultasi dengan dokter sebelum dan sesudah tes, hasil uji lab, serta surat pernyataan sehat apabila kamu dinyatakan negatif.

Tes RT-PCR Covid-19 bisa dilakukan pada hari Senin-Kamis pada pukul 11.00-12.00 dan Jumat pada pukul 10.00-11.00.

Prosedur tes PCR di Prodia Manado

Tes PCR yang dilakukan untuk mendeteksi adanya virus corona dilakukan dengan mengambil sampel dahak, lendir, atau cairan yang berasal dari nasofaring, yakni antara hidung dan tenggorokan. 

Sampel bisa juga diambil dari bagian orofaring yakni bagian antara mulut dan tenggorokan serta pemeriksaan pada paru-paru pasien.

Pengambilan sampel dilakukan dengan swab yang memakan waktu kira-kira 15 deitik. Sampel yang sudah diambil melalui swab, nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan. 

Apabila di dalam mesin PCR mendeteksi adanya RNA virus corona, maka kamu dinyatakan positif Covid-19.

Kapan waktu terbaik tes PCR?

Dibandingkan tes antigen atau rapid test, tes PCR bisa dibilang memiliki hasil yang paling akurat. Namun, untuk melakukannya, kamu juga harus menentukan waktu yang tepat. 

Hal ini karena masa inkubasi virus corona bisa mencapai 14 hari, sehingga apabila terlalu dini melakukan tes PCR bisa saja RNA virus corona belum bisa terdeteksi oleh PCR. Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui kapan waktu terbaik melakukan tes PCR.

Menurut Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) berikut ini anjuran waktu yang tepat untuk melakukan tes PCR guna mendeteksi adanya virus corona di dalam tubuh.

  • Lakukan tes PCR setelah 8 hari terpapar atau melakukan kontak langsung dengan penderita Covid-19
  • Apabila kamu bergejala, lakukan tes PCR 3-5 hari setelah gejala muncul
  • Apabila tidak memiliki gejala, kamu bisa melakukan tes PCR 8 hari setelah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19

Pada beberapa kasus, hasil tes PCR bisa saja negatif, padahal sudah melakukan kontak erat dengan pasien Covid19 atau muncul gejala. Sesuai dengan instruksi WHO, kamu bisa melakukan tes PCR ulang di hari ke 3-7 setelah melakukan tes yang pertama. Pengulangan tes ini dilakukan jika kamu masih menunjukkan gejala Covid-19.

Tata cara registrasi di Prodia Manado

Untuk melakukan pendaftaran tes PCR, kamu bisa mendaftar secara online dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka laman Prodia yaitu www.prodia.co.id
  2. Pilih ‘Pesan Online’ pada halaman depan website
  3. Klik ‘Daftar Baru’ apabila kamu adalah pengguna baru
  4. Melakukan registrasi dan pilih jenis pemeriksaan yang akan dilakukan
  5. Lakukan pembayaran dan konfirmasi
  6. Kamu bisa langsung datang ke Laboratorium Klinik Prodia Manado

Harga di atas sewaktu-waktu bisa saja berubah. Kamu bisa menghubungi Kontak Prodia Manado di nomor 1500830 untuk informasi lebih lanjut, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *