Beragam Penyebab yang Membuat Kepala Bayi Panas

Kepala bayi panas menjadi indikator kuat bayi sedang mengalami demam. Anda mungkin akan panik. Namun sebenarnya, demam pada bayi tidak perlu terlalu dikhawatirkan apabila suhunya tidak mencapai 39 derajat Celcius, tidak disertai kejang, serta bayi terus mengeluarkan keringat yang membuat suhu tubuh berangsur menurun. 

image Demam pada Anak

Demam pada bayi pun sebenarnya lumrah terjadi. Penyebabnya sangat beraneka dan bisa saja asal muasalnya tidak pernah Anda duga sebelumnya. Namun pada umumnya, infeksi dan peradangan menjadi penyebab kepala bayi panas yang paling sering. 

Penasaran apa saja penyebab lain yang membuat kepala bayi panas? Berikut ini adalah macam-macam hal yang membuat sang buah hati mengalami demam dan suhu tubuhnya mendadak meningkat. 

  • Infeksi Virus 

Kepala bayi panas umumnya terjadi saat mereka mengalami flu atau pilek. Pada saat itulah, demam terjadi untuk melawan infeksi virus yang sedang menyerang tubuh. Virus sendiri menyebabkan infeksi 10 kali lebih banyak daripada bakteri sehingga memungkinkan demam lebih rentan terjadi pada bayi. Kepala bayi panas merupakan gejala awal dari infeksi virus yang biasa terjadinya 24 jam sejak bayi terinfeksi. 

  • Infeksi Bakteri 

Tidak hanya virus, bakteri juga menjadi penyebab dari kepala bayi panas. Biasanya, demam yang disebabkan oleh bakteri disertai dengan infeksi di bagian tubuh tertentu secara spesifik. Sebagai contoh, infeksi bakteri yang menyebabkan demam bisa menjadi tanda bahwa bayi Anda sedang mengalami radang tenggorokan maupun infeksi saluran kemih. Infeksi bakteri ini cenderung lebih lama membuat demam. Infeksi bakteri bahkan bisa menyebabkan meningitis yang berbahaya bagi keselamatan bayi karena berpotensi merusak otak. Jika mencurigai bayi infeksi dan kepalanya panas, sebaiknya Anda mengkonsultasikan penanganannya ke dokter. 

  • Imunisasi 

Demam juga bisa sangat mudah terjadi ketika bayi Anda habis diimunisasi atau divaksin. Ini karena ketika di imunisasi, sejumlah virus atau bakteri yang sudah dilemahkan dimasukkan ke dalam tubuh anak. Pemasukan inilah yang menimbulkan perlawanan dari tubuh sehingga menimbulkan kepala bayi panas. Demam yang timbul akibat vaksinasi umumnya akan terjadi 12 jam setelah bayi divaksin. Demam akan berlangsung 2—3 hari dan sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. 

  • Tumbuh Gigi

Kepala bayi panas karena masalah tumbuh gigi sampai saat ini masih mengandung pro kontra. Sebagian menganggap tumbuh gigi tidak menghasilkan demam. Namun ada penelitian yang menemukan, kaitan tumbuh gigi anak dengan demam bayi sangat erat. Pasalnya saat tumbuh gigi, kemungkinan peradangan gusi rentan terjadi. Kondisi peradangan inilah yang membuat kepala bayi panas lebih mudah terjadi. 

  • Suhu Panas 

Suhu ideal untuk tubuh bayi adalah berkisar 22-23 derajat Celcius. Jika lebih daripada itu, bayi akan mudah merasa kepanasan dan kepala bayi panas akan cepat terjadi. Demam yang terjadi akibat suhu terlalu panas biasanya bersifat ringan dan suhu tubuh bayi bisa kembali normal dalam beberapa jam. Namun pastikan, bayi Anda cukup mengonsumsi cairan ketika demam tengah berlangsung untuk mencegah potensi heat stroke yang lebih berbahaya. 

  • Pakaian Berlapis 

Ketika bayi masih berusia bulanan, khususnya di bawah 6 bulan, orang tua cenderung memiliki kecemasan tinggi bahwa anak mereka akan merasa kedinginan. Tidak jarang orang tua akan membalut anaknya dengan berlapis pakaian dengan harapan anak akan merasa hangat dan nyaman. Padahal di sisi lain, pakaian yang berlapis dan tebal ini bisa berpotensi menimbulkan kepala bayi panas. Jika hal ini terjadi pada buah hati Anda, segera lepas pakaian bayi Anda sampai suhu tubuhnya menurun kembali. 

  • Infeksi Aliran Darah 

Kepala bayi panas perlu sangat Anda waspadai apabila terjadi di tiga bulan pertama kehidupannya. Biasanya, demam pada bayi baru lahir yang sering terjadi diakibatkan oleh adanya infeksi aliran darah. Penanganan tepat amat diperlukan oleh bayi ketika infeksi aliran darah terjadi maka Anda mesti segera membawanya ke dokter. 

Beberapa penyebab kepala bayi panas memang tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih. Namun jika demam terjadi terus-menerus dan mengarah pada infeksi bakteri dan aliran darah, Anda sangat dianjurkan membawa anak ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *