Benarkah Manfaat Daun Jambu Biji Bisa Menurunkan Berat Badan?

Mungkin banyak orang tahu bahwa banyak sekali manfaat dari buah jambu biji, mulai dari buahnya, batang, hingga daun. Salah satu manfaat daun jambu biji adalah dapat mengontrol gula darah serta mengatasi gangguan pencernaan. 

Namun, tahukah Anda jika daun jambu biji pun dapat membantu menurunkan berat badan Anda? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel berikut. 

Jambu biji

Buah jambu biji atau Psidium guajava adalah pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, Karibia, dan Meksiko, pun banyak tumbuh di Indonesia. Buahnya yang berbentuk lonjong dengan warna kuning kehijauan sedangkan daunnya panjang dan berwarna hijau cerah. 

Daun jambu biji kaya akan nutrisi dan antioksidan. Bahkan banyak budaya yang menggunakan daun jambu biji berbagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Meskipun daun jambu biji umumnya dipasarkan sebagai bantuan penurun berat badan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada penelitian yang mengatakan hal tersebut? 

Bagaimana manfaat daun jambu biji dapat mempengaruhi berat badan Anda?

Banyak portal berita ataupun kesehatan yang mengklaim bahwa teh daun jambu biji dapat membantu Anda menurunkan berat badan, namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. 

Apa kata penelitian? 

Sampai saat ini, tidak ada penelitian yang dipublikasikan bahwa mengonsumsi teh daun jambu biji atau mengonsumsi daun jambu biji dapat menurunkan berat badan. Sementara beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji membantu kadar gula darah dan kolesterol, hal ini tidak dapat diterapkan pada manusia dan secara tidak langsung melibatkan berat badan. 

Beberapa orang mengklaim bahwa antioksidan daun jambu biji, termasuk katekin, quercetin, dan asam galat, dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan melawan stres oksidatif, yang sedikit terkait dengan penambahan berat badan. 

Namun, teh daun jambu biji menyediakan senyawa ini dalam jumlah yang sangat sedikit. Selan ini itu, tidak ada penelitian yang mengaitkan asupan antioksidan dari dunia ini dengan penurunan berat badan. 

Mengganti minuman manis dengan teh jambu biji

Anda dapat menurunkan berat badan jika mengganti minuman tinggi gula seperti minuman energi atau soda dengan teh daun jambu biji. Diet tinggi gula dikaitkan dengan penambahan berat badan yang lebih besar dan lemak perut. 

Terlebih lagi, teh daun jambu biji dapat meningkatkan rasa kenyang dengan meningkatkan volume di perut Anda. Selain itu, teh daun jambu biji rendah kalori dan membutuhkan waktu lama untuk diminum daripada minuman manis.

Namun, meskipun minum teh daun jambu biji dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan daun jambu biji dengan penurunan berat badan. 

Manfaat daun jambu biji lainnya

Seperti yang sebelumnya telah dikatakan bahwa daun jambu biji memiliki manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Diare, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, penyebab umum diare. 
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengelola diabetes
  • Meningkatkan penurunan berat badan
  • Melawan kanker, terutama menurunkan risiko kanker payudara, prostat, dan mulut karena mengandung antioksidan likopen yang tinggi.
  • Menyembuhkan pilek dan batuk, karena mengandung vitamin C dan zat besi yang tinggi dan rebusan daun jambu biji sangat membantu meredakan batuk dan pilek karena membantu mengeluarkan lendir. 
  • Mengurangi jerawat
  • Mencegah rambut rontok 
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, teh daun jambu biji membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat daun jambu biji secara luas dikatakan dapat menurunkan berat badan, tetapi klaim tersebut belum terbukti oleh penelitian apa pun. Meskipun Anda dapat menurunkan berat badan jika mengganti minuman tinggi gula dengan teh daun jambu biji, ini ada hubungannya dengan jumlah kalori yang rendah, bukan karena daun jambu biji itu sendiri. Sampai lebih banyak penelitian tersedia, yang terbaik adalah dengan menikmati teh daun jambu biji untuk rasanya daripada mengandalkannya untuk menurunkan berat badan.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *