Bagaimana Perbedaan Sakit Pinggang Haid dan Hamil

Ketika sudah pada minggu sebelum mulai menstruasi, mungkin Anda akan mengalami berbagai gejala fisik serta emosional. Tetapi, terdapat beberapa gejala serupa pada gejala kehamilan. Coba melihat beberapa informasi tentang perbedaan gejala kehamilan dengan pramenstruasi. 

Sindrom pramenstruasi, atau juga dikenal dengan PMS, hal ini terdapat berbagai gejala fisik serta emosional pada wanita pada periode mestruasi di satu maupun dua minggu. Ada berbagai gejala yang bermacam-macam tiap-tiap orang serta menghilang disaat periode dimulai.. 

Gejala PMS Versus Kehamilan

Beberapa gejala perbedaan sakit pinggang haid dan hamil. Setiap wanita berbeda-beda intesitas PMSnya dan juga dengan gejala kehamilan juga spesifik pada orang. Gejala PMS serta kehamilan pada beberapa wanita mungkin akan berdampak buruk, tetapi sebagian mengalaminya ringan sedangkan yang lainnya mungkin tidak terpengaruh secara keseluruhan. Gejala-gejala seperti sering buang air kecil, kelelahan, mual, perubahan suasana hati, serta sakit kepala juga hal yang tidak terpisahkan dari PMS serta kehamilan, disanalah yang membuat bingung apa perbedaan dari kedua tersebut..

Mari kita lihat gejala yang berkaitan dengan PMS dan kehamilan dan menganalisis gejala yang umum terjadi pada keduanya. Mari kita pahami juga cara membedakan apakah gejala-gejala tersebut menunjukkan PMS atau tanda-tanda awal kehamilan.

Gejala serupa PMS dan kehamilan

Tanda dan gejala PMS dan awal kehamilan bisa serupa tetapi dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita lain. Beberapa gejala terkait yang umum untuk keduanya adalah:

  • kelembutan payudara
  • peningkatan buang air kecil
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • sembelit
  • kembung
  • perubahan suasana hati

Gejala awal kehamilan berupa nyeri payudara dan kelelahan sering menyerupai gejala PMS. Namun, nyeri payudara dan kelelahan umumnya hilang begitu menstruasi dimulai.

Gejala khusus PMS

PMS terjadi pada paruh kedua siklus wanita dan dapat mencakup gejala fisik, perilaku, dan emosional.

Biasanya, wanita mungkin memiliki gejala ringan sebelum awal periode mereka setiap bulan, seperti nyeri payudara, kelelahan, kembung dan penurunan suasana hati. Jika gejala Anda lebih parah dari itu, bisa jadi gangguan dysphoric pramenstruasi, atau PMDD, lebih bentuk PMS yang parah.

Gejala khusus kehamilan

Meskipun payudara Anda mungkin terasa lembut selama PMS, payudara juga bisa terasa lembut selama awal kehamilan. Anda mungkin juga sangat lelah. Perbedaan utama antara keduanya, bagaimanapun, adalah bahwa dengan kehamilan, menstruasi Anda tidak terjadi.

Mual juga merupakan gejala yang dapat menyertai kehamilan dan seringkali tidak dialami oleh PMS. Mual pada awal kehamilan sering hilang setelah minggu ke-12 kehamilan.

Kesamaan antara PMS vs. gejala dan tanda kehamilan

Bagi banyak wanita, tanda dan gejala awal kehamilan bisa mirip dengan mendekati periode menstruasi atau PMS. Faktanya, tidak mungkin untuk mengetahui dari gejala awal saja apakah seorang wanita sedang hamil atau memiliki gejala yang berkaitan dengan periode menstruasi yang akan datang.

Tanda dan gejala umum yang paling mirip yang dimiliki oleh kondisi ini meliputi:

  • Sakit kepala: Sakit kepala ini juga menjadi gejala dari kehamilan, namun banyak wanita juga mengalami sakit kepala ketika sedang PMS.
  • Sakit punggung: Gejala ini bisa jadi jika Anda sudah mendekati masa menstruasi, tetapi bisa juga merupakan gejala bahwa Anda sedang hamil.
  • Perubahan suasana hati (iritabilitas, kecemasan, tangisan): Perubahan suasana hati umum terjadi pada PMS dan awal kehamilan. Perubahaannya bisa diantaranya yaitu kecemasan, lekas marah, perubahaan suasana hati, serta depresi.
  • Sembelit: Hormon progesteron dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk sembelit. Kadar dari progesteron ini meningkat selama siklus kedua menstruasi, konstipasi ini bisa terjadi ketika PMS maupun saat mendekati periode menstruasi. Juga terjadi adanya perubahan hormonal di awal kehamilan yang membuat konstipasi. 
  • Peningkatan buang air kecil: Anda mungkin mengalami peningkatan buang air kecil jika Anda sedang hamil atau akan mengalami menstruasi.
  • Nyeri dan nyeri payudara: Nyeri payudara, nyeri tekan, pembengkakan, atau pembesaran payudara, dapat terjadi pada awal kehamilan dan juga sebelum menstruasi. Payudara mungkin terasa berat, sakit, atau sensitif pada kedua kondisi tersebut.

Perbedaan antara PMS vs tanda dan gejala kehamilan

  • Pendarahan atau bercak: Bercak ringan (tidak cukup pendarahan untuk merendam pembalut atau tampon) terkadang terjadi sekitar waktu implantasi embrio ke dalam rahim pada awal kehamilan. Ini dikenal sebagai pendarahan implantasi. Hal ini berbeda dengan pendarahan yang hebat ketika di awal menstruasi. Seperti ini dari perbedaan sakit sakit pinggang haid dan hamil.
  • Kelelahan: Kelelahan biasa terjadi pada wanita hamil di tahap awal, namun juga sering terjadi pada wanita yang sedang PMS. Tetapi, kelelahan pada saat PMS bisa hilang ketika periode baru dimulai. 
  • Mengidam makanan / keengganan: Wanita terkadang akan mengalami mengidam makanan maupun nafsu makan menjadi meningkat sebelum awal menstruasi. Mengidam menjadi tanda khas dari hamil, walaupum mengidam makanan sering kali lebih detail, dan intes dibandingkan saat PMS maupun sebelum menstruasi. 
  • Mual dan atau muntah: Mual dan muntah ini gejala yang khas pada awal hamil serta bukan dari gejala umum dari PMS. Oleh karena itu, jika Anda sedang hamil, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala-gejala ini.
  • Kram: Kram dan nyeri perut maupun panggul biasa terjadi pada semua wanita sebelum maupun ketika masa menstruasi. Gejala-gejala ini seringkali sangat merepotkan bagi wanita dengan PMS. Tetapi, mungkin ada beberapa wanita akan mengalami kram yang ringan di awal kehamilan. 

Gejala dan tanda apa yang unik untuk kehamilan?

Gejala-gejala perbedaan sakit pinggang haid dan hamil tertentu lebih merupakan karakteristik awal kehamilan dan lebih kecil kemungkinannya terjadi karena periode menstruasi atau PMS yang akan datang.

  • Terlambat atau terlambat menstruasi: Tidak adanya menstruasi adalah gejala khas kehamilan.
  • Pendarahan atau kram implantasi: Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mungkin ada pendarahan dan kram yang sangat ringan pada saat implantasi embrio di dalam rahim selama awal kehamilan. Ini sangat berbeda dari aliran menstruasi normal.
  • Keputihan: Peningkatan produksi estrogen pada kehamilan dapat menyebabkan peningkatan keputihan putih susu.
  • Penggelapan areola atau puting: Penggelapan atau pembesaran areola atau puting dapat terjadi paling cepat satu atau dua minggu setelah pembuahan pada awal kehamilan. Hal ini bisa berkembang pada suatu hari pada kehamilan. Serta ini bukanlah tanda PMS maupun menstruasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *