Dampak Aplikasi Cari Jodoh terhadap Kesehatan Mental

Dampak Aplikasi Cari Jodoh terhadap Kesehatan Mental

Aplikasi cari jodoh kian populer digunakan oleh generasi digital modern ini. Sebenarnya, aplikasi semacam ini dibuat untuk membantu penggunanya mendapatkan kawan atau pasangan.

Namun di sisi lain, ternyata penggunaan aplikasi ini justru berdampak negatif pada kesehatan mental orang-orang yang menggunakannya.

Memangnya apa dan seberapa buruk dampak aplikasi ini pada mental health kita? Mari cari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini!

Penelitian terkait

Sebuah penelitian dari Western Sydney University dan the University of Sydney menemukan  kalau penggunaan aplikasi cari jodoh terkait erat dengan kesehatan mental yang buruk.

Utamanya aplikasi yang menggunakan sistem swipe-based dating apps (SBDAs), di mana pengguna harus menggeser profile pengguna lain apabila menyukai atau tidak menyukainya.

Penggunaan sistem swipe ini ternyata memberikan efek yang kompleks terhadap kesejahteraan psikologis pengguna. Mereka menjadi 2 kali lebih rentan untuk mengalami depresi.

Efek negatif aplikasi cari jodoh

Sebelum mulai menggunakan dating apps, sebaiknya pelajari dulu beberapa dampak negatifnya berikut ini:

1. Tekanan psikologis

Orang yang menggunakan dating apps lebih rentan untuk mengalami gangguan mental seperti tekanan, kegelisahan, hingga depresi. Risikonya 3 kali lebih besar ketimbang orang yang tidak menggunakan aplikasi ini.

Pengguna yang paling rentan adalah mereka yang menggunakan aplikasi ini untuk mencari validasi dan mereka yang sensitif terhadap penolakan.

Penelitian menemukan kalau seseorang yang mencari validasi dari eksternal melalui aplikasi kencan atau sosial media memiliki korelasi dengan adanya tekanan emosional.

2. Citra tubuh yang buruk

Citra tubuh atau body image adalah persepsi seseorang terkait fisik, pikiran, dan perasaan mereka. Persepsi setiap orang pada diri mereka bisa positif dan bisa juga negatif.

Penggunaan aplikasi cari jodoh disebut memiliki kaitan dengan citra tubuh yang buruk. Aplikasi semacam ini dapat mendorong penggunanya untuk terlihat sempurna di mata orang lain.

Hal ini bisa mendorong orang untuk melakukan hal apapun, demi meraih standar sempurna yang mereka percaya. Seperti metode diet ekstrem, atau bahkan operasi plastik.

3. Anxiety dan depresi

Sebuah penelitian juga menemukan adanya kaitan antara penggunaan dating apps dengan masalah social anxiety atau kecemasan sosial, dan depresi yang dialami penggunanya.

Masalah ini bisa dipicu oleh banyak sekali faktor, salah satunya adalah penolakan. Jika seseorang sulit mendapatkan match, dan ditolak berulang kali, ini bisa memicu gangguan mental.

Terlebih orang-orang yang sensitif terhadap penolakan ini. Penolakan ini dapat melukai harga diri orang-orang tersebut dan membuat persepsi mereka terhadap dirinya berubah jadi negatif.

4. Memengaruhi hubungan yang sudah ada

Sudah punya pasangan tapi masih tetap bermain aplikasi cari jodoh? Ini sangat cocok dengan pepatah rumput tetangga selalu nampak lebih hijau.

Penggunaan aplikasi semacam ini bisa membuat penggunanya cenderung mengesampingkan hubungan dan pasangan yang sudah terjalin sebelumnya.

Jadi apabila kamu sedang menjalin hubungan romantis dengan seseorang, kurangi penggunaan aplikasi ini dan fokuslah pada apa yang nyata di kehidupan kamu.

Tips untuk mengurangi efek negatif

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dampak penggunaan aplikasi ini terhadap kesehatan mental. Antara lain:

  • Buat batas waktu penggunaan harian. Misalnya cukup gunakan aplikasi ini 15 menit per hari
  • Lakukan aktivitas swipe saat kamu berada di kondisi mental yang cukup stabil
  • Beri batasan yang sehat saat kamu berkomunikasi dengan orang baru di dalam aplikasi

Kamu tidak perlu membalas semua pesan orang yang match, dan kamu bebas menentukan kapan kamu ingin menghentikan komunikasi, atau bahkan kapan kamu ingin memblokir mereka.

Nah itu dia sedikit rangkuman tentang bagaimana aplikasi cari jodoh berdampak negatif pada kesehatan mental kamu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *