Alat Olahraga Ini Efektif Bikin Fit Meski di Rumah

Alat Olahraga Ini Efektif Bikin Fit Meski di Rumah

Rutin berolahraga adalah salah satu cara agar badan tetap fit dan sehat. Manfaat lain yang juga dihasilkan adalah tubuh dapat terhindar dari beberapa resiko penyakit serta kualitas hidup akan lebih baik. Saat kondisi seperti sekarang, keluar rumah untuk sekedar melakukan aktifitas olahraga agak riskan untuk dilakukan. Pasalnya, covid-19 masih juga menunjukkan peningkatan kasus yang semakin tinggi dari hari ke hari. 

Daftar Perlengkapan Alat Olahraga di Rumah

Untuk mengakali masalah tersebut, berolahraga di rumah adalah salah satu solusinya. Mengingat betapa pentingnya untuk terus menjaga kesehatan ditengah pandemi, memang tak ada alasan untuk melewatkan aktivitas olahraga meski hanya dirumah.  Bagi yang masih bingung bagaimana memulainya, Anda bisa memulai dengan menggunakan beberapa alat olahraga berikut agar badan tetap fit meski  hanya olahraga di rumah:

1. Yoga mat

Yoga mat atau matras yoga ini memang didesain khusus untuk mencegah tangan dan kaki tergelincir saat melakukan kegiatan olahraga seperti yoga. Tak hanya yoga, alat olahraga ini dapat juga Anda gunakan untuk senam dan aerobik sebagai pembatas gerak. 

Yoga mat terbuat dari karpet berbahan dasar karet sehingga kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan nyaman dan terhindar dari cedera. Anda bisa menggunakan yoga mat dengan ketebalan 4-5mm atau 7 mm untuk digunakan saat berolahraga. 

2. Resistance bands

Resistance bands merupakan alat olahraga yang dapat dikatakan wajib Anda miliki di rumah. Berbahan dasar karet, alat olahraga ini dapat digunakan untuk memanaskan serta melatih otot-otot tubuh Anda mulai dari otot tangan, perut, paha atas, hingga betis. 

Jika dibandingkan dengan dumbbells atau dettel bell, resistance bands memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Selain itu alat ini sangat mudah dibawa dan digunakan dimana saja karena bentuknya yang ringan dan mudah dibawa.

3. Dumbbell

Alat olahraga satu ini pasti sangat familiar dan sering dijumpai di berbagai tempat olahraga. Memiliki fungsi meningkatkan kerja otot serta menaikkan massa otot, olahraga menggunakan dumbbell saat dirumah tak boleh Anda lewati. Dumbbell dijual dengan berbagai variasi bobot yang dapat disesuaikan dengan kesanggupan Anda. Saat baru memulai mencobanya, disarankan untuk mencoba dumbbell dengan berat yang ringan dengan 5-10kg untuk pria, dan 2-3kg untuk wanita.

Dengan menggunakan dumbbell, berbagai gerakan dapat Anda lakukan untuk menaikkan massa otot seperti bicep curl, bench press, squat thruster, deadlift upright now, hingga hammer curl, dengan masing-masing 2 set dengan 8-12 repetisi.

4. Kettlebell

Memiliki fungsi yang mirip dengan dumbbell, kettlebell memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Alat olahraga kettlebell berbentuk seperti bola yang ditengahnya terdapat pegangan untuk memegangnya. Cara menggunakannya bisa dengan diangkat atau diayunkan menggunakan kedua tangan. 

Manfaat yang Anda dapatkan ketika berolahraga menggunakan kettlebell diantaranya adalah membangun kekuatan massa otot, memperbaiki keseimbangan dan pergerakan otot, hingga membakar kardio tubuh.

5. Tali skipping

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan, alat olahraga satu ini dapat Anda jadikan referensi untuk olahraga dirumah. Tali skipping dapat digunakan setiap hari sekitar 5-10 menit atau sesuai kesanggupan. Alat ini dapat membantu membakar lemak serta mendapatkan tubuh yang lebih kencang. Untuk hasil yang maksimal lakukan olahraga ini setiap hari dengan terus menjaga pola makan Anda.

6. Slider disc

Slider disc memiliki bentuk bulat dan kecil yang diciptakan untuk melatih kekuatan serta keseimbangan otot. Untuk menggunakannya, cukup letakkan slider disc di permukaan lantai yang datar, baringkan badan dengan setengah telungkup kemudian gunakan tangan selebar bahu untuk melatih kestabilan, lalu mulai geser kaki secara bergantian dari kiri dan kanan. Untuk menambah intensitasnya, Anda bisa menambah kecepatan pergerakan kaki dengan teratur. 

7. Bola fitness 

Alat olahraga berbentuk bola ini bisa Anda tambahkan untuk variasi alat olahraga dirumah. Sesin memiliki manfaat untuk meningkatkan keseimbangan, alat ini juga sangat baik bagi otot panggul, perut, serta punggung dalam memperbaiki postur tubuh dengan baik. 

8. Ab wheel

Salah satu alat yang juga bisa dijadikan solusi untuk berolahraga di rumah adalah Ab wheel. Berbentuk roda kecil dengan tongkat pegangan di tengahnya, Ab wheel bisa Anda gunakan untuk mengecilkan otot perut serta membangun otot trisep. Caranya, cari ruangan yang dengan lantai datar, berbaring menelungkung kemudian posisikan tubuh dengan bertumpu pada kedua lutut, pegang tongkat ab wheel dengan kedua tangan kemudian gulirkan roda ke depan secara perlahan. 

Saat pada posisi menggulirkan roda majukan tubuh dengan telapak tangan dengan sejauh mungkin. Anda bisa berhenti saat merasa kesulitan menyangga tubuh dan kembalikan pada posisi awal.

9. Mini stepper 

Alat olahraga satu ini cukup ringkes untuk dibawa kemana-mana karena bentuknya yang cukup kecil dan mudah dipindahkan. Alat ini berfungsi baik untuk membakar kardio serta mengencangkan otot tubuh bagian bawah. Gerakan seperti melangkah yang dilakukan saat menggunakan alat ini membuat Anda seperti sedang aerobik dalam intensitas sedang. 

Inilah sebabnya mengapa mini stepper dapat Anda jadikan pilihan alat olahraga saat ini menurunkan berat badan. Anda dapat menggunakannya setiap hari dalam waktu 10 menit perhari atau sesuai kesanggupan.

10.  Battle rope

Semakin kesini, olahraga battle roops semakin banyak diminati. Alat olahraga dengan bahan tali tambang ini efektif untuk membakar lemak serta membangun kekuatan tubuh seseorang. Battle roops juga menyenangkan ketika digunakan karena terdapat sensasi yang berbeda dari alat olahraga pada umumnya saat menggunakan alat yang satu ini. Untuk mulai menggunakannya Anda bisa memilih tali battle rope dengan panjang sekitar 9-12 meter dan lebar 4 sentimeter. Gunakan alat ini seminggu 3-4 kali dengan waktu 15-20 menit. 

10. Sepeda statis (Spinning bike) 

Seperti yang sudah kita ketahui, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tapi saat tak memungkinkan untuk bersepeda keluar rumah seperti sekarang, Anda bisa menggunakan sepeda statis atau spinning bike agar tetap merasakan manfaat bersepeda. 

Anda dapat menggunakannya setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu selama 15-20 menit. Olahraga ini akan sangat berdampak bagi kebugaran, serta meningkatkan kekuatan pada otot serta kaki pada tubuh.

11. Treadmill

Bagi Anda yang mempunyai budget lebih dapat membeli alat olahraga treadmill untuk digunakan di rumah. Alat olahraga populer satu ini digunakan untuk membakar kardio, melatih kekuatan otot dan sendi,  serta membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Diluar itu, olahraga menggunakan treadmill dipercaya dapat melatih fokus seseorang, menjaga kesehatan jantung, serta menghilangkan stres.

Anda dapat mulai melakukannya dengan 15-20 menit dalam 3 kali dalam seminggu, kemudian bisa menambahnya sesuai kesanggupan dan kondisi fisik tubuh.Itulah beberapa alat olahraga yang dapat Anda jadikan pilihan saat hendak melakukan olahraga meski di rumah. Stay at home sebenarnya bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan kegiatan olahraga karena saat ini olahraga sudah bisa dilakukan dimana saja asal alat dan cara penggunaannya dilakukan dengan tepat dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *