Akurasi Swab PCR Terbaik, Lakukan Hal Ini

Dibandingkan tes Covid 19 yang lainnya, akurasi swab PCR dianggap masih yang terbaik. Karena alasan ini pulalah, banyak negara yang merekomendasikan tes swab PCR dibandingkan tes lainnya untuk mendeteksi ada tidaknya virus Covid 19 pada diri seseorang. 

Tes swab PCR merupakan teknik penganalisisan ada tidaknya infeksi virus Covid 19 lewat keberadaan materi genetik berupa RNA virus. Pengecekan ini dilihat berdasarkan sampel yang diambil lewat metode usap di hidung maupun tenggorokan. Anda bisa mendapatkan akurasi swab hingga 95 persen untuk hasil yang dikeluarkan tes ini. Walaupun memang dalam beberapa kasus, ada pula ditemukan hasil positif palsu dari tes swab PCR. Namun jika hasilnya positif, sudah bisa dipastikan hasilnya tepat. 

Melakukan swab PCR dengan akurasinya yang luar biasa membuat Anda dapat lebih mudah menentukan langkah yang harus dilakukan ketika hasil tes Anda positif. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya segera Anda jalankan ketika akhirnya mendapati hasil tes swab PCR yang sebenarny di luar harapan. 

Segera Isolasi Mandiri 

Anda sudah terinfeksi virus Covid 19 maka jangan sampai Anda menularkannya kepada orang lain. Ketika mendapatkan hasil positif dari tes swab PCR yang Anda lakukan, segera lakukan isolasi mandiri. Anda bisa tetap tinggal di rumah atau pergi ke penginapan yang menyediakan fasilitas isolasi mandiri. Jika Anda terpaksa tetap tinggal bersama orang lain dalam satu rumah, pisahkan segera kamar Anda, hindari kontak langsung, dan tidak lupa selalu pakai masker ganda di dalam rumah. 

Jangan Lupa Kabari Kontak Erat 

Coba ingat-ingat siapa saja yang pernah berinteraksi dengan Anda selama 14 hari terakhir ini. Siapa yang kerap satu ruangan dengan Anda atau pernah melakukan interaksi fisik, seperti bersalaman atau tos? Segera hubungi mereka ketika Anda mendapatkan hasil positif untuk tes swab PCR. Sarankan mereka juga melakukan pengecekan tes Covid 19 untuk mengetahui mereka sempat tertular virus yang sama atau tidak dengan Anda. 

Lapor Diri ke Pengurus Lingkungan 

Akurasi swab PCR yang tinggi membuat hasil positif yang Anda terima hampir pasti benar. Hasil tersebut bisa menjadi data terkait perkembangan kasus di lingkungan Anda sehingga tindakan penanganan dan antisipasi yang lebih tepat bisa dilakukan. Karena itulah, pastikan Anda menginformasikan soal kasus Anda yang positif Covid 19 kepada pengurus lingkungan. Selain bisa menjadi data untuk penanganan yang lebih baik, informasi ini juga bisa membantu Anda mendapatkan pertolongan dari lingkungan sekitar jika sekali waktu dibutuhkan. 

Sadari Gejala yang Dialami 

Tingkat keparahan kasus positif Covid isa dilihat dari gejalanya. Banyak orang yang tidak bergejala sehinngga hanya membutuhkan waktu dan isolasi mandiri untuk bisa sembuh dan tidak menularkannya pada orang lain. Namun, banyak pula orang-orang yang terinfeksi Covid 19 dengan gejala dari ringan sampai parah yang sebaiknya ditangani dengan pemberian vitamin, obat, ataupun tindakan medis lain yang diperlukan. Anda sendiri mesti menyadari gejala apa yang Anda alami agar langkah-langkah penanganan bisa lebih tepat. 

Konsultasi ke Tenaga Medis 

Setelah memantau gejala apa yang Anda alami, konsultasikanlah hal tersebut pada tenaga kesehatan. Konsultasi tidak harus langsung datang ke fasilitas kesehatan yang membuat Anda justru berpotensi menularkan virus Covid 19 ke orang lain. Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda cukup melakukan konsultasi lewat telemedicine. Paparkan semua gejala yang Anda rasakan dan dapatkan arahan dari dokter mengenai tindakan apa yang mesti Anda lakukan untuk menghadapi gejala tersebut. 

Konsumsi Obat dan Vitamin Sesuai Anjuran 

Untuk mempercepat pemulihan Anda dari infeksi Covid 19, rutinlah mengonsumsi obat dan vitamin yang tepat. Biasanya vitamin diberikan untuk memperkuat imunitas guna bisa melibas virus dengan lebih cepat. Sementara itu, obat dikonsumsi untuk mengurangi atau mengatasi suatu gejala yang timbuk. Jangan seenaknya mengonsumsi vitamin dan obat untuk Covid 19. Pastikan vitamin dan obat yang Anda konsumsi sudah sesuai resep dan dosis dari dokter. 

Pergi ke Fasilitas Kesehatan jika Diperlukan 

Ada kalanya gejala yang timbul dari infeksi Covid 19 tidak cukup ditangani dengan obat atau mengandalkan diri sendiri. Apabila Anda mulai merasa gejala yang cukup berat, seperti sesak ataupun kondisi lain yang parah, lebih baik Anda segera peri ke fasilitas kesehatan rujukan Covid 19 untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih intens dan tepat. 

*** 

Di luar itu semua, akurasi swab PCR yang tingi bisa membuat Anda langsung drop ketika mendapati hasil positif. Ini hanya akan memperlemah imunitas tubuh Anda dan membuat virus semakin merajarela menyerang tubuh Anda. Pastikan Anda tetap tenang dan berpikiran positif mulai dari mendapati hasil tes swab PCR sampai melakukan tindakan yang harus dilakukan di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *