Abate Adalah Obat dan Gejala Demam Berdarah

Abate Adalah obat dbd

Abate adalah obat untuk mencegah terbentuknya telur dan mematikan jentik nyamuk aedes aegypti di saluran air. Nyamuk ini adalah pembawa penyakit demam berdarah yang bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi kesehatan. Gejalanya cukup bervariasi, ada yang dari ringan hingga berat. Gejala parah termasuk dengue shock syndrome (DSS) dan demam berdarah dengue (DBD). Orang yang tertular penyakit ini umumnya memerlukan rawat inap.

Cara pencegahan terbaik adalah dengan menghindari gigitan nyamuk dan menjaga lingkungan rumah tetap bersih. Pengobatan dapat dilakukan jika diagnosis terjadi sebelum pasien mengembangkan penyakitnya pada tingkat DSS atau DBD. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja gejala yang timbul setelah terinfeksi.

Tanda dan gejala

Gejala demam berdarah sangat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Demam berdarah ringan umumnya mengalami gejala yang bisa muncul hingga 7 hari setelah digigit nyamuk aedes aegypti, pembawa virus tersebut.

Gejala demam berdarah meliputi; sakit otot dan sendi, ruam tubuh yang kadang hilang dan muncul kembali, demam tinggi, sakit kepala hebat, sakit pada bagian belakang mata, mual dan muntah. Gejala ini biasanya hilang setelah seminggu dan jarang terkena komplikasi serius atau fatal.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Pada awalnya, gejala DBD akan bersifat ringan, tetapi secara bertahap bisa menjadi semakin memburuk dalam beberapa hari. Selain gejala demam berdarah ringan, hal lain yang mungkin harus Anda waspadai dan adalah adanya tanda-tanda pendarahan internal. Apabila Anda mengalami demam berdarah dengue cukup serius, mungkin reaksi berikut akan mulai tampak.

– Pendarahan pada bagian mulut, gusi, atau hidung

– Kulit terasa lebih lembut dan lembab

– Terjadinya kerusakan di bagian getah bening dan pembuluh darah

– Terjadi pendarahan internal, yang membuat Anda muntah dan tinja berwarna hitam atau berdarah

– Perut mual dan sangat sensitif

– Muncul bintik-bintik darah kecil di bawah kulit

– Tekanan nadi terasa melemah

Apabila Anda mengalami hal ini dan tidak segera diobati, maka bisa memberikan dampak yang fatal.

Dengue shock syndrome

DSS adalah kondisi demam berdarah yang paling parah dan berakibat fatal. Anda tidak hanya mengalami gejala ringan dan menengah, tetapi juga beberapa kondisi seperti berikut: 

– Sakit perut yang sangat hebat

– Mengalami disorientasi

– Mengalami hipotensi secara mendadak, atau penurunan tekanan darah yang sangat cepat

– Terjadi pendarahan hebat

– Muntah-muntah secara berlebihan

– Pembuluh darah mengalami kebocoran

Apabila tidak segera ditangani, maka akan berimbas pada kematian. 

Demam berdarah adalah virus, yang memerlukan pengobatan khusus. Demam tinggi dan muntah dapat membuat tubuh mengalami kondisi dehidrasi. Artinya Anda harus minum air bersih, supaya cairan tubuh tetap terkendali.

Penderita demam berdarah boleh mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti tylenol atau parasetamol. Obat ini dapat membantu menurunkan gejala dari demam dan mengurangi rasa sakit. Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin atau ibuprofen, tidak disarankan, karena dapat meningkatkan risiko perdarahan internal. 

Anda juga dapat memberikan Abate. Abate adalah obat yang dapat Anda taburkan pada air untuk membunuh jentik nyamuk penular demam berdarah. Taburkan di sisi rumah terutama yang lembap dan memiliki genangan air cukup sering. Pastikan pula saluran air di rumah bersih dan tidak ada sampah, karena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *