8 Tips Memilih Shampoo Bayi, Wajib Disimak Agar Tidak Salah

Semua orangtua tentu menginginkan semua yang terbaik untuk anaknya, termasuk soal memilih shampoo bayi. Shampo ternyata jadi salah satu produk perlengkapan mandi si Kecil yang sering dibeli oleh ibu, menurut hasil survei tahun 2017.

Hal ini wajar terjadi, sebab, anak akan keramas dua kali sehari atau setiap mandi pasti menggunakan shampoo. Lalu, bagaimana tips memilih shampoo yang tepat untuk bayi?

Tips Memilih Shampoo Bayi

Ada beragam jenis dan merek shampoo yang dijual di pasaran. Menghindari kebingungan, ikuti beberapa tips memilih shampoo untuk si Kecil berikut ini.

  1. Pilih shampoo khusus untuk bayi

Shampoo untuk bayi jelas akan memiliki formula khusus bagi rambut dan kulit kepala si Kecil yang lembut. Agar rambut anak tetap terjaga, pastikan Ibu memberikan shampoo khusus untuk si kecil.

  1. Pilih shampoo yang sudah lulus uji dermatologi 

Shampoo yang akan digunakan anak haruslah sudah lulus uji dermatologi. Hal ini bertujuan agar tidak menyebabkan alergi pada anak. Lagipula shampo yang sudah lulus uji tentu lebih aman bagi kulit kepala bayi yang sensitif.

  1. Efektif membersihkan rambut

Shampoo yang baik tentu yang dapat membersihkan kulit kepala anak yang berkeringat. Apalagi si Kecil yang sangat aktif bergerak.

  1. Shampoo yang mengandung bahan-bahan alami

Produk dengan bahan alami terbukti memang lebih baik untuk kesehatan anak. Termasuk shampo yang terbuat dari bahan alami akan dapat menutrisi rambut anak. Di samping itu, yang paling penting adalah tidak adanya kandungan yang membahayakan bayi dan tanpa efek samping.

  1. Tidak pedih di mata

Si kecil biasanya tidak suka keramas disebabkan karena takut matanya pedih saat terkena shampoo. Oleh sebab itu, pilihlah shampoo yang memiliki formula tidak pedih di mata. 

  1. Cuci rambut si kecil ketika dibutuhkan

Anda sebagai orang tua perlu mengetahui kapan rambut si kecil kotor dan perlu dikeramas menggunakan shampoo. Jika rambut anak dirasa belum perlu dicuci dengan shampo, maka tidak usah menggunakan shampo. 

Anak yang sudah memasuki batita bisa keramas 3 kali dalam seminggu. Keramasi anak di akhir ritual mandi.

  1. Cermati bahan pembuatnya

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam meilih shampoo bayi adalah membaca dengan teliti bahan pembuatnya. Shampoo yang aman tentu bebas alkohol, tanpa busa berlebih, dan tidak pedih di mata.

Bagi bayi yang sensitif, hindari shampoo yang mengandung parfum yang berbau tajam. Shampoo untuk bayi juga sebaiknya sudah teruji hypo-allergenic dan pH-balanced. Hal ini untuk memastikan atau meminimalisir risiko terjadinya alergi. 

  1. Baca aturan pemakaian dengan teliti

Pastikan untuk membaca aturan pakai yang tertera pada label shampoo. Umumnya, ada beberapa cara yang tepat menggunakan shampo bayi:

  • Pertama, tuangkan shampoo secukupnya pada telapak tangan Ibu
  • Lalu, usapkan shampo pada rambut si Kecil secara menyeluruh dan perlahan. Gosoklah dengan lembut
  • Selama dikeramas, ajaklah anak bernyanyi atau berbicara agar mereka bisa tenang
  • Bilas shampo dengan air dari tangan Ibu secara perlahan. Jangan sampai Anda mengguyur kepala bayi dengan air dari gayung karena akan membuatnya kaget
  • Keringkan rambut anak dengan handuk dengan ditekan-tekan secara lembut. Jangan digosok ya, Bund.

Setelah keramas dan dikeringkan, Anda bisa menyisir rambut anak secara perlahan dengan menggunakan sisir yang tepat. Akan tetapi, bagi bayi yang masih beberapa bulan, tidak perlu menggunakan sisir untuk merapikan rambutnya.

Itulah beberapa tips dalam memilih shampoo bayi yang tepat untuk anak Anda. Jangan sampai salah pilih ya, Bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *