8 Kecerdasan Manusia, Apa Saja Itu?

Sebagian orang berpikir bahwa manusia memiliki satu kecerdasan, namun tidak. Howard Gardner, seorang profesor terkenal dari Harvard University, mengungkapkan ada 8 kecerdasan manusia yang dapat diterapkan.

Pemahaman Tentang 8 Kecerdasan Manusia

Gardner adalah orang pertama yang mengungkapkan gagasan atau teori 8 kecerdasan manusia dalam bukunya yang berjudul “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences” pada tahun 1983. Gardner juga mengungkapkan bahwa setiap manusia memiliki berbagai jenis kecerdasan. Sebagian orang ahli di suatu bidang, namun sebagian orang ahli di bidang lain.

Teori yang diungkapkan mendapatkan kritikan dari para psikolog dan pendidik. Orang-orang yang mengkritik hal tersebut menyatakan bahwa kecerdasan seseorang ditentukan oleh kemampuan dan karakteristik seseorang. Meskipun demikian, teori yang diungkapkan Gardner sangat terkenal, bahkan sudah diterapkan oleh banyak pendidikan.

Apa Saja 8 Kecerdasan Manusia?

Mempelajari tentang berbagai jenis kecerdasan dapat membantu seseorang memahami kekuatan yang dimiliki. Berikut adalah 8 kecerdasan manusia yang dapat Anda pahami:

  1. Kecerdasan linguistik dan verbal

Kecerdasan linguistik dan verbal merupakan kecerdasan yang meliputi kata-kata dan bahasa yang dirangkai secara efektif. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang suka membaca dan menulis, mampu menghafal informasi, dan mampu mengemukakan pendapat. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah guru dan pengacara.

  • Kecerdasan logika dan matematis

Kecerdasan logika dan matematis merupakan kecerdasan yang meliputi perhitungan atau analisa masalah secara logis. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang cenderung memiliki ide untuk menyelesaikan masalah, suka melakukan eksperimen, dan mampu menyelesaikan perhitungan yang rumit. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah akuntan dan insinyur.

  • Kecerdasan visual dan spasial

Kecerdasan visual dan spasial merupakan kecerdasan yang meliputi visualisasi dan manipulasi dalam suatu proyek. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang mampu menyusun teka-teki dan menyukai hal-hal yang berhubungan dengan seni. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah arsitek dan seniman.

  • Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan yang meliputi pemahaman tentang musik. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang suka bernyanyi atau bermain musik dan memiliki pemahaman yang baik untuk menciptakan sebuah lagu seperti lirik. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah guru musik.

  • Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan yang meliputi pemahaman yang sesuai dengan perasaan, emosi, dan temperamen orang lain. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang mampu menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain, bahkan mampu menyelesaikan konflik dengan mereka. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah psikolog dan politikus.

  • Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan yang meliputi pemahaman tentang pikiran, sifat, dan emosi diri. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang pandai menilai diri dan senang menganalisis teori dan ide. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah ilmuwan.

  • Kecerdasan kinestetik dan jasmani

Kecerdasan kinestetik dan jasmani merupakan kecerdasan yang meliputi inovasi agar tetap aktif. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang senang berolahraga atau menari dan mampu mengatur tangan dan kakinya. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah penari dan atlet.

  • Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan yang meliputi kemampuan untuk memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan hidup, termasuk hewan. Orang-orang yang memiliki kecerdasan tersebut adalah orang-orang yang mencintai lingkungan dan memiliki pengetahuan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan seperti jenis tanaman. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini adalah petani.

Kesimpulan

Jika Anda tidak tahu seperti apa kepribadian Anda, Anda dapat lihat penjelasan di atas. Berdasarkan teori tentang 8 kecerdasan manusia, setiap orang akan memiliki profesi yang berbeda-beda di masa depan. Profesi manusia ditentukan oleh karakteristik yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *