8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Anda perlu mengetahui berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini di seluruh dunia.  

Pada dasarnya banyak orang yang lahir dengan sistem imun yang baik. Tapi, ada pula orang yang memang memiliki sistem imun lemah karena berbagai kondisi medis. 

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buat Anda yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah, bisa mencoba berbagai cara ini untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tujuannya tentu saja agar Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Berikut beberapa tips cara meningkatkan daya tahan tubuh yang perlu Anda ketahui dan praktikkan.

1. Harus menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan diri adalah cara paling utama dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, jamur dan kuman sering menempel di kulit.

Tentu Anda perlu menjaga agar jamur dan kuman tersebut tidak ikut masuk ke tubuh, bisa jadi bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi. 

Langkah utama yang bisa dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Tindakan mencuci tangan ini bisa mengurangi peluang seseorang terkena diare pada orang dengan imunitas rendah. 

2. Pastikan waktu tidur cukup

Sistem imun tubuh juga perlu dijaga dengan memenuhi waktu tidur. Pola dan waktu tidur yang baik akan menurunkan risiko seseorang mengalami stres yang dapat membuat imun tubuh seseorang menurun. 

3. Hindari kontak dengan orang sakit

Orang yang sakit bisa saja menyebarkan virus. Jika tubuh terpapar, maka tubuh akan berusaha meningkatkan imunitas dengan memproduksi sel darah putih lebih banyak untuk meningkatkan antibodi. 

Jika Anda merasa kondisi tubuh Anda tidak sebaik orang lain, maka sebaiknya Anda menjauhi orang yang sedang sakit.

Tidak hanya sebatas kontak kulit, tapi juga tidak berbarengan menggunakan alat makan atau barang pribadi.

4. Rajin berolahraga

Olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa melepaskan stres dan melancarkan sirkulasi darah.

Ada beberapa pilihan olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti yoga, bersepeda, jalan kaki, aerobik, hingga stretching. 

5. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Makan makanan yang sehat dan seimbang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit. Makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah sayur, buah, probiotik, hingga makanan yang mengandung tinggi vitamin dan mineral lainnya.

Malnutrisi karena konsumsi makanan sehat juga bisa membuat imun tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. 

6. Menghindari stres

Stres kronis atau yang berlebihan dan terjadi terus menerus bisa menurunkan imunitas tubuh. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengelola stres dan tenangkan diri agar tidak mudah terserang penyakit.

7. Konsumsi vitamin C dengan rutin

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber vitamin C alami bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. 

Atau bisa juga dengan konsumsi suplemen multivitamin yang dijual di apotek dan supermarket. 

8. Rutin berjemur

Berjemur juga bisa jadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang dapat membantu imunitas tubuh. 

Waktu berjemur yang disarankan adalah di jam 08.00-09.00 pagi. Anda bisa berjemur selama 10-15 menit dan lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu. 

Itulah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari risiko terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *